Ribuan Lampion Semarakkan Kota Solo di Perayaan Imlek Tahun “Kelinci Air”

Editor Ketua Panitia Bersama Imlek 2023, Sumartono Hadinoto menjelaskan menggeliatnya perayaan tahun baru Imlek di Kota Solo. Ribuan lampion termasuk lampion shio menghiasi kawasan depan Balai Kota/visinews/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS |SOLO – Tahun baru Imlek 2574 tahun 2023 bertepatan dengan tahun “kelinci air” yang puncaknya jatuh pada tanggal 22 Februari 2023, akan menandai menggeliatnya kembali perayaan di Kota Solo yang selama pandemi dilaksanakan secara sederhana.

Panitia Bersama Perayaan Imlek 2023, yang anggotanya mewakili organisasi Perhakkas, Himpunan Fu Qing, Hoo Hap, Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) dan Makin, sudah mulai memasang 5.000 lampion di kawasan strategis jantung Kota Solo, di depan Balai Kota, kawasan Pasar Gede dan kawasan Pecinan sekitar Kelenteng Tien Kok Sie.

Ketua Panitia Bersama Imlek 2023, Sumartono Hadinoto, menjelaskan kepada wartawan di gedung PMS, Selasa (10/1/2023), beberapa agenda perayaan sebelum pandemi, di antaranya Festival Imlek yang melibatkan UMKM belum bisa digelar.

“Dalam merayakan Imlek saat pandemi lalu, panitia hanya memasang 1.000 lampion. Tahun 2023 ini panitia memasang 5.000 lampion dan 12 lampion shio di sepanjang Jl. Jenderal Sudirman. Di depan Balai Kota juga kita pasang lampion maskot shio kelinci, lampion barongsai, lampion Dewa Rezeki dan lain-lain untuk spot foto,” ujar Sumartono.

Menurut ketua panitia bersama itu, lampion-lampion shio di Jl. Jenderal Sudirman yang menjadi ciri khas perayaan Imlek di Kota Solo seluruhnya diperbarui yang dinyalakan selama sebulan dari 8 Januari sampai 10 Februari 2023.

Beberapa lampion, khususnya yang ditempatkan di simpang empat Gladag, dilengkapi audio dan alat mekanis yang menjadikan lampion dapat bergerak-gerak.

Dalam rangkaian perayaan Imlek 2023, sambung Sumartono, panitia bersama juga mendukung Gerebeg Sudiro, yakni perayaan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa yang digelar warga Kelurahan Sudiroprajan Solo setiap menjelang tahun baru Imlek. Pada perayaan Imlek 2023 ini, Gerebeg Sudiro akan digelar pada 15 Januari 2023 petang.

Baca Juga :  Jokowi Cabut Larangan Ekspor Migor, Petani Kelapa Sawit Berterima Kasih

“Panitia bersama juga mengadakan pesta kembang api pada malam tahun baru Imlek, tanggal 21 Januari 2023 malam di Plasa Balai Kota. Sedangkan perayaan Cap Go Meh Bersama Pemerintah Kota Solo digelar di Pendhapi Gedhe Balai Kota pada 5 Februari 2023. Sehari sebelumnya diadakan kirab barongsai keliling Kota Solo pada 4 Februari 2023. Sebanyak 3 perkumpulan liong dan barongsai dari 6 perkumpulan di Kota Solo akan mengikuti kirab,” jelas ketua panitia bersama itu.

Sumartono yang juga sekretaris PMI Kota Solo, mengungkapkan, dalam perayaan tahun baru Imlek 2023 juga diadakan bakti sosial donor darah di markas PMI dengan target peserta 200 orang. Para peserta donor darah di hari spesial ini, katanya, akan diberikan sertifikat khusus dengan huruf Mandarin.

Aji Chandra dari Makin Surakarta, mengungkapkan, meskipun dalam setiap perayaan tahun baru Imlek di Kota Solo dipasang ribuan lampion dan pernah terpasang 10.000 lampion, jangan dianggap perayaan imlek berkiblat kecina-cinaan.

Ketua FKUB Kota Solo itu menegaskan, dalam merayakan tahun baru Imlek dengan lampion dominan warna merah itu untuk menegaskan  kebinekaan warga Kota Solo.

“Kita semua ini bangsa Indonesia. Tidak berkiblat ke Cina. Kami semua yang lahir di Indonesia memang ada darah Cina. Tapi kalau kamin ke Cina pasti tidak akan diterima,” tandasnya. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

"Pak Bupati, di Rancaekek seueur pabrik, tapi warga seueur oge nu nganggur..."

Rab Jan 11 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | RANCAEKEK – “Pak Bupati, di Rancaekek ieu seueur pabrik, tapi warga seueur oge nu nganggur. Nyuhunkeun solusina,” ujar Arif Wahyudin, Ketua Karang Taruna Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kab. Bandung saat HM Dadang Supriatna tampil di acara Rembug Bedas, Selasa (10/1/2023). Di Kec. Rancaekek, katanya, terdapat banyak pabrik tetapi […]