Ridwan Kamil Ramai Diperbincangkan Lagi Netizen, Kali Ini Unggah Pengumuman Perbaikan Jalan di Medsos Pakai Foto Lama

Editor Unggahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil soal perbaikan jalan./net/Istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali ramai diperbincangkan oleh netizen. Sebabnya adalah unggahan berisi pengumuman perbaikan jalan pada tahun 2023 menggunakan foto lama, dan diduga milik salah satu perusahaan pada tahun 2019.

Berdasarkan tangkapan layar, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera memperbaiki 71 ruas jalan, setelah dua tahun terakhir tertunda karena anggaran infrastruktur digeser untuk bantuan sosial saat kedaruratan Covid-19.

“Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jabar segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek,” tulis dia.

Cuitan itu ditambahi dengan unggahan foto alat berat dan beberapa orang yang sedang mengaspal jalan.

Dia kemudian melanjutkan tulisan dalam sebuah utas berisi penjelasan pengerjaan. Singkatnya, 71 ruas jalan tersebut pengerjaannya terbagi dalam tiga klasifikasi, yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi dan peningkatan jalan. Pembagiannya dibagi dalam 69 paket yang Sebagian besar masuk kategori pemeliharaan berkala.

Total panjang ruas jalan yang masuk dalam 71 ruas itu sepanjang 353,822 kilometer. Dari 69 paket pekerjaan penanganan jalan, 62 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tanggap 19 Februari lalu.

Cuitan itu pun mendapat beragam respons. Banyak yang mengapresiasi, namun tidak sedikit yang mengkritisi. Terutama soal foto yang diunggah. Foto tersebut diketahui diunggah oleh perusahaan penyedia pengaspalan jalan dengan akun @SolusiBeton pada Agustus tahun 2019 lalu.

Setelah ramai diperbincangkan, pria yang akrab disapa Emil ini pun menghapus cuitan utas pertama dan menggantinya dengan unggahan yang baru.

“Mohon maaf atas penggunaan foto perbaikan jalan kemarin, ada kesalahan dalam penggunaan foto sebagai ilustrasi tanpa mencantumkan sumber. Berikut adalah video proses perbaikan jalan yang semestinya,” tulis dia dengan mengunggah video yang disertai keterangan rencana perbaikan jalan. Dikutip merdeka.com, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga :  Berikut Info Jadwal Penerbangan di Bandara Ir Juanda Kota Surabaya.

Terpisah, Kepala Dinas BMPR Bambang Tirtoyuliono mengatakan, untuk pemeliharaan berkala di antaranya dilaksanakan di beberapa wilayah Kabupaten Garut dengan ruas jalan sepanjang 41,96 km.

Adapun pemeliharaan berkala dilakukan di Jalan Sp Talegong (Sukamulya)-Cisewu-Sukarame-Rancabuaya (Palembuhan) sepanjang 10,5 km. Kemudian di Jalan Garut-Bts. Garut/Tasikmalaya sepanjang 5 km. Lalu di Jalan Bts. Bandung/Garut-Garut sepanjang 14,7 km, Jalan Kadungora (Leles)-Cibatu-Sasakbeusi sepanjang 0,7 km dan Jalan Cimanuk (Garut) sepanjang 4,25 km. Serta Jalan Garut-Cikajang sepanjang 6,8 km.

“Semuanya dilakukan pelapisan ulang dengan hotmix. Dua ruas di antaranya ditargetkan 100 persen sebelum H-10 lebaran. Kedua ruas jalan tersebut yaitu Kadungora (Leles)-Cibatu-Sasakbeusi sepanjang 0,7 km dan Jalan Cimanuk sepanjang 4,25 km,” ucap dia.
5 dari 6 halaman

Sementara itu, untuk pengerjaan pemeliharaan jalan di ruas-ruas lainnya diupayakan kondisi jalan di sana tidak ada lubang hingga H-10 lebaran.

“Ruas-ruas jalan ini dipastikan H-10 aman dilalui pengguna jalan dan akan dilanjutkan pekerjaannya H+10,”ucapnya.

Tidak hanya itu, ada 16 ruas jalan di wilayah UPTD lain yang ditargetkan untuk tuntas H-10 lebaran. Disinggung soal persiapan mudik, ia menyampaikan ada 20 ruas jalan yang pasti menjadi jalur lebaran yang meliputi jalan nasional maupun provinsi.

Jalan-jalan tersebut berada di lintas utara, lintas tengah dan lintas selatan yang ketiganya merupakan jalan nasional dan jalur antara yang merupakan jalan provinsi.

Ia memastikan semua bisa dilalui denga naman jelang lebaran.

“Jadi ada 422 lubang total di jalur alternatif dan wisata di Jabar. Pengerjaannya terus dikebut agar ketika awal mudik dimulai dapat dilalui tanpa hambatan,” pungkasnya.

Jawab Kritikan Netizen

Menjawab adanya kritik perihal akses jalan di Jawa Barat yang banyak mengalami kerusakan, Ridwan Kamil pun menjawab kritik tersebut melalui postingan di Twitter pribadinya.

Baca Juga :  Polda Jabar Gelar Zoom Meeting Doa Lintas Agama untuk Peringati Hari Bhayangkara Ke-78

Sebelumnya masyarkat Garut membuat spanduk berisi kritik yang ditujukan kepada Gubernur Jabar tersebut, “Moal dipilih deui” isi dari spanduk kritik tersebut yang memiliki arti “tidak akan dipilih lagi” disertai foto dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kritik yang disampaikan warga Garut yang dinilai tidak biasa itupun mendapat sorotan publik dan viral di media sosial.

Nampaknya kritik tersebut sampai kepada Ridwan Kamil selaku Gubernur Jabar, yang langsung merespon kritikan perihal kerusakan jalan di beberapa daerah di Jabar yang tak kunjung diperbaiki.

“Izin saya laporkan lagi. 71 ruas jalan di Jabar segera diperbaiki. Setelah 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid 19. Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jabar segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek.” Tulis Ridwan Kamil melalui Twitternya @ridwankamil pada selasa 21 Maret 2023.

Seolah tidak ada habisnya, Gubernur Jabar tersebut kembali di kritik pengguna Twitter perihal pemakaian foto yang diunggahnya ketika menyampaikan pembangunan jalan di Jabar itu ternyata foto lama dan milik orang lain.

“Mau tanya yang terhormat pak @ridwankamil apakah tidak ada foto pengaspalan terbaru dari Pemprov Jabar sendiri, sehingga foto tahun 2019 milik orang lain digunakan untuk bahan postingan? Punten, ini serius tanya lho. Mohon dimaafkan”. Tulis akun Twitter @narkosun.

Twit perihal penggunaan foto milik orang lain yang dipakai Ridwan Kamil tersebut pun kembali banyak dibahas warganet, dan menuai respon dari Ridwan Kamil yang tidak lama kemudian menghapus Twit nya tersebut.

“Mohon maaf atas penggunaan foto perbaikan jalan kemarin, ada kesalahan dalam penggunaan foto sebagai ilustrasi tanpa mencantumkan sumber. Berikut adalah video proses perbaikan jalan yang semestinya.” Tulisnya dilansir Kilat.Com dari akun Twitter @ridwankamil pada 23 maret 2022.

Baca Juga :  Messi Ajukan 3 Syarat untuk Bertahan di Barcelona

Dalam postingan tersebut Gubernur Jabar itupun menambahkan sebuah video yang memperlihatkan akses jalan di daerah Jabar disertai narasi mengenai perbaikan jalan yang akan dilakukan Pemprov Jabar.

Klarifikasi Ridwan Kamil tersebut pun mendapat respon dari warganet.

@mpa/merdeka.com/kilat.com

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KHUTBAH JUMAT | Enam Adab Berpuasa Menurut Imam al-Ghazali

Jum Mar 24 , 2023
Silahkan bagikanKhutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى […]