Rizieq Dituntut 6 Tahun Penjara di Kasus Tes Swab RS Ummi

Eks Imam Besar FPI, Rizieq Shihab./cnn indonesia/adhi wicaksono/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dituntut hukuman pidana enam tahun penjara atas kasus dugaan penyebaran kabar bohong (hoaks) tes swab virus Corona (Covid-19) di RS Ummi, Bogor, Jawa Barat.

Tuntutan itu disampaikan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang pembacaan tuntutan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Cakung, Jaktim pada Kamis (3/6/2021).

“Menuntut selama enam tahun penjara,” ujar jaksa saat membacakan tuntutan.

Dalam persidangan yang diikuti Rizieq itu, jaksa menyebutkan bahwa Rizieq terbukti melakukan tindak pidana mengenai kabar bohong yang membuat keonaran di masyarakat. Pasal 14 ayat (1) dan (2) serta Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

“Pasal ini bukan semata-mata dipaksakan dalam kasus ini,” tegas jaksa penuntut umum.

Pantauan melalui monitor di PN Jakarta Timur, Rizieq sejak awal sidang tak banyak bicara. Rizieq lebih sering menunduk saat jaksa membacakan sejumlah pertimbangan dan dasar penuntutan. Selama mendengarkan tuntutan jaksa, Rizieq tak henti bertasbih.

Rizieq didakwa melakukan penyebaran berita bohong terhadap hasil tes swabnya yang dilakukan di RS Ummi, Kota Bogor, pada akhir November 2020.

Seperti diketahui, dalam dua kasus lainnya, Rizieq telah mendengar vonis hakim. Majelis hakim memvonis Rizieq dengan hukuman 8 bulan kurungan penjara dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam acara Maulid Nabi Muhammad saw. di Petamburan Jakarta Pusat.

Sementara itu, di kasus kerumunan Megamendung, Jawa Barat,  Rizieq hanya divonis untuk membayar denda Rp 20 juta.

Belakangan, kuasa hukum Rizieq hanya mengajukan banding untuk kasus kerumunan Petamburan. Kuasa Hukum Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan salah satu poin banding lantaran kliennya itu telah membayar denda kepada Pemprov DKI sebesar Rp 50 juta dalam pelanggaran protokol kesehatan. @fen

Baca Juga :  Anton Charliyan: Kebersamaan dan Disiplin Kunci Atasi Pandemi Covid-19

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Persib Bandung Siapkan Motivational Camp Dongkrak Mental Pemain

Kam Jun 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tengah menyusun program khusus, yakni motivational camp untuk meningkatkan mental anak asuhnya. Mengutip Antara dari laman resmi klub, Rabu (3/6/2021), program tersebut bertujuan untuk mendongkrak motivasi seluruh anggota skuadnya, baik secara individu maupun tim. “Kami akan menggelar motivational camp untuk memberi […]