RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman Diresmikan, Ini Kata Bupati Dadang Supriatna

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MARGAHAYU – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan bahwa dengan adanya peresmian Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung oleh Presiden RI Joko Widodo melalui daring, Senin (19/2/2024) bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Bandung.

“Tentunya dengan adanya penambahan RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman ini adalah salah satu bukti nyata bahwa kebutuhan Kabupaten Bandung terhadap tempat rawat inap pun sekarang ini berkurang. Dari 3.700 tempat rawat inap yang dibutuhkan, yang saat ini Kabupaten Bandung baru tersedia sekitar 2000 tempat rawat inap,” kata Bupati Dadang Supriatna dalam keterangannya saat menghadiri peresmian RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman Kecamatan Margahayu.

Artinya, lanjut Dadang Supriatna, Kabupaten Bandung masih kekurangan 1.700 tempat rawat inap lagi. “Tetapi dengan diresmikannya peresmian RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman ini adalah salah satu peningkatan pelayanan terutama dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Bandung,” tutur Bupati Bedas ini.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung mengutarakan masyarakat yang tak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di tepat lain, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman ini.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya rumah sakit ini (RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman) yang diresmikan Bapak Presiden ini akan bisa mengantisipasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tutur Bupati Bandung.

Di rumah sakit itu memiliki fasilitas pelayanan unggulan seperti pelayanan USG 4G, pelayanan tes narkoba, pelayanan digital radiography, pelayanan metode persalinan sectio caesaria dengan eracs dan medical check up (MCU).

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna menyebutkan, fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit itu, salah satunya menggunakan alat kesehatan yang sangat canggih.

Baca Juga :  Huawei Cloud Luncurkan Region Indonesia - Bangun Landasan Cloud untuk Indonesia Semakin Digital

“Pemerintah daerah Kabupaten Bandung juga secara bertahap dalam menyediakan peralatan kesehatan kepada masyarakat. Pemerintah daerah juga baru di beberapa rumah sakit yang memiliki alat kesehatan canggih tersebut,” katanya.

Kang DS mengatakan dengan adanya rumah sakit yang diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut, yang mencapai 25 rumah sakit se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Bandung ini akan bisa mengurangi beban bagi rumah sakit lainnya yang biasanya masyarakat mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Tapi saat ini insya Allah, saya sangat optimis dengan kebersamaan dan sinergitas dan perhatian Pak Presiden, bahwa Kabupaten Bandung nanti kedepan lagi bakal meningkat lagi harapan hidup masyarakat Kabupaten Bandung. Tentu saat ini juga sudah meningkat 74,27 tahun, kedepan insya Allah dengan imunitas dan peningkatan kebahagiaan, kesehatan dan lengkapnya pelayanan kesehatan akan menambah harapan hidup masyarakat Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Ia mengatakan dengan adanya peresmian rumah sakit tersebut, ada penambahan sarana dan fasilitas yang baru dan modern dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

“Ini yang membuat kita kagum. Masyarakat tidak perlu ke Jakarta, jika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan bisa dilakukan di RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman ini,” katanya.

Sementara itu, Danlanud Sulaiman Kolonel PNB Rohmat Kusmayadi mengatakan tujuan adanya RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya bagi prajurit TNI dan umumnya bagi masyarakat sekitar.

“Saat ini, di RSAU dr. Norman T. Lubis di Lanud Sulaiman sebelumnya hanya memiliki 23 kapasitas rawat inap ini, sekarang sudah menjadi 52. Di mana RSAU dr. Norman T. Lubis ini merupakan rumah sakit kelas 4, di mana minimal dari kapasitas rawat inapnya adalah 50,” katanya.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Kab. Bandung, Cileunyi Tertinggi Rancabali Sepi

Rohmat mengatakan pelayanan di rumah sakit tersebut berbagai poli dan empat poli spesialis, di antaranya adalah poli spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis obgyn. “Kemudian kapasitas tempat tidur sebanyak 52, termasuk di antaranya 3 untuk ICU dan 2 untuk non-ICU,” katanya.

Ia berharap dengan adanya RSAU dr. Norman T. Lubis yang baru ini, masyarakat sekitar Lanud Sulaiman bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Kemudian pada kesempatan ini juga kita melaksanakan kegiatan pengobatan massal dan bakti sosial bagi masyarakat sekitar. Di mana bakti sosial ini dilaksanakan secara dua tahapan. Tahap pertama dilaksanakan Minggu lalu, dan tahap kedua dilaksanakan hari ini,” katanya.

Harapan kedepan, imbuh Rohmat, pihaknya bisa berkontribusi lebih khususnya bagi masyarakat sekitar.

“Memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan. Harapannya, bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik,” katanya.

@kos

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bank Hana Kembali Berkolaborasi dengan Shin Tae Yong

Sen Feb 19 , 2024
Silahkan bagikan Kolaborasi dalam rangka memperkuat posisi Bank Hana sebagai bank global yang dekat dengan masyarakat Indonesia. VISI.NEWS | JAKARTA – PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) lanjutkan kerja sama dengan pelatih sepak bola Timnas Indonesia, Shin Tae Yong sebagai brand ambassador resmi. Tetap mengusung campaign “Cetak Masa Depan”, […]