Rudi Sulaeman: Mahasiswa KKN 2024 STAI Baitul Arqom Wajib Memberitakan Kegiatannya di Media Massa

Editor Ketua LTN NU Kabupaten Bandung Bambang Melga Suprayogi menerima cenderamata dari Ketua Pelaksana KKN STAI Baitul Arqom seusai pelatihan jurnalistik dan literasi di kampus tersebut, Sabtu (27/1/2024). /visi.news/m purnama alam
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PACET – Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kabupaten Bandung dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baitul Arqom Al-Islami mengadakan pelatihan jurnalistik dan penulisan bagi para mahasiswa STAI Baitul Arqom di kampusnya, Lemburawi, Pacet, Sabtu (27/1/2024).

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Pangalengan dengan keterampilan menulis dan melaporkan kegiatan mereka di media massa. KKN merupakan salah satu syarat kelulusan di STAI Baitul Arqom yang mengharuskan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari.

“Setiap kelompok mahasiswa yang terbagi atas 4 kelompok, nanti bertanggung jawab untuk mencatatkan kegiatan mereka di lapangan, dan sebagai persyaratan telah mengikuti KKN ini, wajib bagi mahasiswa memberitakan kegiatan mereka lewat media massa,” kata Rudi Sulaeman, ketua pelaksana program KKN, saat memberikan sambutan pembukaan.

Rudi Sulaeman juga mengatakan bahwa pelatihan ini mengangkat tema “Untuk KKN 2024 Yang Gemilang dan Brilian” sebagai motivasi bagi para mahasiswa untuk berprestasi dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Pelatihan ini diisi oleh tiga narasumber dari LTN NU Kabupaten Bandung, yaitu Bambang Melga, ketua LTN NU, yang membawakan materi terkait aspek pengaruh menulis untuk pribadi, Drajat, seorang asesor penulisan tingkat nasional bidang penulisan buku fiksi non fiksi, yang membawakan tema terkait jalan panjang industri penulisan, dan Aep S Abdullah, owner media online VISI.NEWS, yang membawakan materi terkait jurnalistik dan kaidah-kaidah penulisan untuk di media massa.

Para peserta pelatihan tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh para narasumber dan berinteraksi dengan mereka melalui sesi tanya jawab. Mereka juga merasa puas bisa hadir mengikuti sesi pelatihan tersebut.

Baca Juga :  REFLEKSI | Modal Dakwah

“Alhamdulillah, saya merasa mendapat banyak ilmu dan manfaat dari pelatihan ini. Saya jadi lebih paham tentang cara menulis yang baik dan benar, serta cara melaporkan kegiatan KKN nanti. Saya berharap bisa menerapkan ilmu ini di lapangan dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Rizky, salah satu peserta pelatihan.

Pihak STAI Baitul Arqom yang diwakili oleh Rudi Sulaeman mengucapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran tim LTN NU yang telah berkontribusi sharing ilmu penulisan dan jurnalistik. Ia juga meminta pada tim LTN NU untuk ikut mengarahkan para mahasiswanya agar bisa menghasilkan penulisan yang sesuai dan bisa memenuhi kaidah pemberitaan.

Selain itu, Rudi Sulaeman juga berharap pihak institusi STAI Baitul Arqom bisa menjalin kerjasama berkelanjutan dengan LTN NU, karena pelatihan-pelatihan seperti ini akan bermanfaat bagi para mahasiswa di setiap angkatannya, khususnya para mahasiswa yang akan ber-KKN, yang tujuannya adalah para mahasiswa ini bisa membuat pemberitaan saat KKN tersebut sebagai syarat dinyatakan lulus di matakuliah ini.

Bambang Melga, Ketua LTN NU Kabupaten Bandung, memberikan tanggapan positifnya atas adanya permintaan tersebut, dan menyatakan kesiapan para pengurus LTN NU untuk selalu bisa berkontribusi sesuai ilmu yang menjadi basis dari lembaga di bawah PCNU Kabupaten Bandung ini.

“Kami dari LTN NU siap untuk bekerja sama dengan STAI Baitul Arqom dalam hal apapun yang berkaitan dengan penulisan dan jurnalistik. Kami juga siap untuk membantu dan membimbing para mahasiswa yang akan ber-KKN agar bisa menulis dengan baik dan benar, serta menginformasikan kegiatan mereka kepada masyarakat luas melalui media massa. Kami berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak,” tutur Bambang Melga.

Baca Juga :  PSSI, Pemerintah, dan FIFA Siap Bekerja Sama

Pelatihan jurnalistik dan penulisan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara LTN NU Kabupaten Bandung dan STAI Baitul Arqom Al-Islami yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas penulisan dan jurnalistik di kalangan mahasiswa, khususnya yang akan melaksanakan KKN. Pelatihan ini juga diharapkan bisa memberikan wawasan dan pengalaman baru bagi para mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat dengan menggunakan ilmu yang mereka miliki.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kampanye AMIN di Tegallega Bandung, Neng Tarno Senang Bisa Ketemu JK dan Surya Paloh

Ming Jan 28 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, menggelar kampanye di Lapangan Tegallega, Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (28/1/2024). Mereka disambut oleh ribuan pendukung, relawan, dan kader partai koalisi Perubahan, yang mengenakan atribut berwarna biru. Salah satu pendukung pasangan […]