RUMAH ALLAH: Fakta Tentang Masjidilharam Mekah

Editor Umat ​​Islam melakukan salat jarak sosial di Masjidilharam untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan sejak larangan penyakit coronavirus (Covid-19) diberlakukan, setelah diizinkan oleh otoritas Saudi, di kota suci Mekah, Arab Saudi 18 Oktober 2020./via ihram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Masjidilharam di Mekah merupakan masjid nomor satu umat Islam, masjid pusat yang menjadi kiblat umat Islam sedunia. Karena di dalamnya terdapat Kakbah yang menjadi pusat ibadah dan kiblat umat Islam.

Masjidilharam juga memiliki fakta tersendiri yang perlu diketahui lebih dalam. Tokoh pemuda NU, Zuhairi Misrawi, dalam bukunya Makkah menjelaskan bahwa Masjidilharam adalah masjid yang meliputi Kakbah dan bangunan sekitarnya. Termasuk tempat tawaf dan pelataran yang digunakan untuk salat, merupakan bagian dari Masjidilharam.

Kawasan Masjidilharam juga termasuk perluasan dan renovasi yang dilakukan sejak masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab hingga kerajaan Arab Saudi saat ini.

Menurut sejarawan Muhammad Ilyas Abdul Ghani, luas Masjidilharam saat ini mencapai 88 ribu meter persegi dengan daya tampung lebih dari 220 ribu jemaah yang ingin menunaikan salat.

Sedangkan pada musim haji, pendudukan Masjidilharam dapat menampung lebih dari satu juta orang. Padahal, jika dihitung jumlah jemaah haji dalam waktu normal, jumlah jemaah haji bisa mencapai 3 juta orang. Kepadatan Masjidilharam sangat terasa saat tawaf ifadah karena semua jemaah melakukan tawaf dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu, Masjidilharam juga dikenal dalam sejarah Islam sebagai masjid pertama yang dibangun di muka bumi. Apalagi jika merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Abu Dzar. Sedangkan masjid kedua yang dibangun di muka bumi adalah Masjidilaqsa di Yerusalem, Palestina.

Jarak pembangunan masjid pertama dengan masjid kedua sekitar 40 tahun. @fen/sumber: ihram.co.id

Baca Juga :  Akademi Persib Cimahi Juara di Thailand

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HKMAH: Salat Tepat Waktu, Kesadaran atas Kematian yang Datang Kapan Saja

Sen Jun 21 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sebuah postingan mengingatkan untuk salat dan kematian ditulis di Facebook aku milik Andi di grup Kumpulan Doa-Doa. Isi postingan menyentak netizen karena narasinya menyiratkan betapa pentingnya salat dan betapa dekatnya kematian.  Andi menuliskan sebagai berikut: Amirul Mukminin, Umar bin Al Khoththob –radhiyallahu ‘anhu- mengatakan, “Sesungguhnya di antara perkara […]