RUMAH ALLAH: Komunitas Muslim Bangun Masjid Pertama di Cumbria

Editor :
Masjid di South Cumbria County, Inggris./via ihram.co.id

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Komunitas muslim di South Cumbria County, Inggris Barat Laut, sekarang semakin dekat untuk mewujudkan impian masjid pertama mereka.

South Lakes Islamic Center (SLIC) akan menyerahkan rencana pembangunan masjid kepada Dewan Borough Barrow dalam beberapa bulan ke depan.

Rencana tersebut pertama kali diajukan pada tahun 2019. Namun, pandemi Covid-19 menyebabkan gangguan yang tidak terduga.

Sekarang SLIC percaya rumah ibadah baru di Crooklands Brow adalah lokasi yang strategis bagi penduduk muslim setempat dengan Rumah Sakit Umum Furness hanya beberapa mil jauhnya.

“Kami idealnya ingin dekat dengan Rumah Sakit Umum Furness tapi tidak dapat menemukan tanah yang sesuai dan karenanya Dalton menjadi pilihan terbaik berikutnya, meliputi Askam, Ulverston, Lindal, Urswick, dan Greenodd,” kata juru bicara SLIC kepada The Mail.

Dia menyebut Rumah Sakit Umum Furness saat ini memiliki 40-50 dokter muslim yang praktik. Ditambah tambahan keluarga profesional, komunitas bisnis, dan perdagangan lainnya yang akan membutuhkan fasilitas salat, pemakaman, pengajaran, dan komunitas dasar.

“Sekarang masjid terdekat adalah Lancaster yang berjarak 50 mil dan karena kurangnya fasilitas dasar, kami melihat tingkatan besar di antara keluarga muslim yang pergi ke kota lain yang lebih mapan,” tambahnya.

Melansir Ihram.co.id dari About Islam, Rabu (14/7/2021), menurut SLIC, pusat ini juga akan membantu mengembangkan komunitas South Lakes yang lebih beragam dan bersatu.

“Orang-orang dari komunitas lain dapat datang dan mengamati tentang agama Islam dan kekayaan keragaman dan budaya yang dibawanya ke daerah tersebut. Ini akan mempromosikan rasa pelayanan masyarakat di dalam diri umat Islam dengan menggunakan pusat,” ujar juru bicara.

Cumbria adalah daerah seremonial dan non-metropolitan di Inggris Barat Laut. Wilayah ini muncul pada tahun 1974 setelah pengesahan Undang-Undang Pemerintah Daerah 1972.

Baca Juga :  PBB: 52.000 Orang Palestina Mengungsi Karena Serangan Israel

Islam, tidak seperti di sebagian besar wilayah Inggris, bukanlah agama paling umum kedua di Cumbria. Pada tahun 2001, 747 orang menganut agama tersebut (hampir 0,2 persen dari populasi Cumbria) dengan muslim terbesar ditemukan di Carlisle, Barrow, dan Kendal. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiwi Kehilangan Anak, Air Matanya Luruh tak Berhenti

Sen Agu 2 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Air mata Tiwi (35), warga Bukit Pesona Bintang Majalaya Kabupaten Bandung terus mengalir karena kehilangan anaknya, Ugi usia 9 tahun, sejak pukul 06.00 WIB, Minggu (1/8/2021). Dia sudah melakukan pencarian anaknya itu di seluruh wilayah Bukit Pesona Bintang dan disekitarnya hingga menjelang sore hari. Namun hingga detik […]