RUMAH ALLAH: Mir Mahmood, Masjid Terkecil di Dunia

Editor Mir Mahmood, masjid terkecil di dunia./via ihram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Mir Mahmood adalah masjid terkecil di dunia. Masjid ini hanya bisa dimasuki oleh lima orang apabila ingin melakukan salat berjemaah.

“Hanya lima orang yang dapat salat pada waktu yang sama di dalam gedungnya,” Hyderabad News melaporkan dilansir dari About Islam, Selasa (1/12/2020), seperti dilansir IIhram.co.id.

Masjid Mir Mahmood disebut sebagai masjid terkecil karena ukurannya yang hanya 9,2 kaki x 12 kaki, dengan total hanya 110 kaki persegi atau 10,21 meter persegi. Meskipun kecil, masjid tersebut memiliki struktur yang megah dan menakjubkan.

Masjid ini dibangun dari batu dengan hanya satu lengkungan dan dua menara berukuran sangat kecil. Masjid ini hanya bisa menampung tidak lebih dari lima orang untuk salat berjemaah.

Miniatur masjid ini diyakini telah dibangun pada awal abad ke-16 ketika garis pantai Andhra, termasuk Kondapalli dan benteng lainnya, dianeksasi oleh Sultan Quli dari dinasti Qutb Shahi pada tahun 1530 M.

Namun, miniatur masjid ini tidak dapat dianggap sebagai ‘Masjid Terkecil’ karena sudah tidak ada kegiatan salat di dalam bangunan dan salat pun tidak dilakukan lima kali sehari dalam masjid tersebut. @fen

Baca Juga :  BMKG: Gempa di Majene dan Mamuju Kurang Lazim dan Aneh

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

WISATA RELIGI: Peninggalan Kerajaan Islam beserta Sejarah Singkatnya (2)

Ming Des 27 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sepeninggalnya Sultan Trenggono terjadi konflik perebutan kekuasaan antar anggota keluarga kerajaan, yang berdampak melemahnya kerajaan Demak. Runtuhnya Kerajaan Demak terjadi saat pemindahan kekuasaan dari Demak ke wilayah Pajang. Namun demikian, Kerajaan Demak juga meninggalkan benda bersejarah. Peninggalan Kerajaan Islam ini berupa Masjid Agung Demak, Pintu Bledeg, Makam […]