RUMAH ALLAH: Pesona Masjid Pintu Seribu dan Motif 999 serta Labirin Pengingat Mati (2/Habis)

Masjid Agung Nurul Yaqin atau lebih dikenal dengan Masjid Pintu Seribu yang terletak di Kampung Bayur, Kelurahan Priukjaya, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang./suara.com/ridsha vimanda nasution.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS –

Menangis Histeris dan Tak Kuat

Kami sudah berjalan sekitar 20 meter dari pintu masuk awal. Seperti terbatas untuk menghirup udara karena suasana semakin pengap dan lembap.

Sepanjang jalan di dalam memang terlihat banyak sekat tembok bata yang tidak di plester berukuran 1×1 meter. Bawahnya juga tak berlantai, hanya tanah.

“Mau terus lagi ke dalam. Lorong ini panjangnya sampai 200 meter dengan banyak ruangan seperti ini. Saya sendiri belum pernah menghitung ada berapa ruangan ini,” tuturnya.

Rusdi menyampaikan, banyak dari pengunjung yang masuk ke dalam labirin bukan sekadar berzikir dan merenung. Tapi, ada yang sampai menangis histeris.

“Ada yang sampai menangis. Dia mengaku menangis karena dia seperti merasakan mati dan berada di dalam kubur. Tangisan itu juga karena dia merasa banyak dosa,” paparnya.

Kendati demikian, Rusdi menyebut, banyak juga pengunjung yang tidak kuat sampai ke dalam lorong tempat perenungan.

“Cuma sampai pintu masuk awal, kemudian dia melihat di depan gelap tidak melanjutkan ke dalam. Dia langsung keluar lagi,” paparnya.

Alhasil, Rusdi melanjutkan, yang bersangkutan hanya sekadar berziarah ke makam Syekh Ami Alfaqir dan langsung pulang.

Selain labirin, banyaknya ornamen 999 menjadi penghias di Masjid Seribu Pintu ini. Tidak hanya di tembok-tembok, tapi juga di tiang, gerbang pagar, dan jendela.

Menurut Rusdi, motif 999 banyak yang salah kaprah, yakni sering diartikan bahwa itu adalah tanda masjid yang pintunya kurang dari seribu.

“Padahal, 999 itu untuk melambangkan 99 sifat-sifat Allah atau Asmaulhusna dan 9 Wali Songo. Itu yang benar. Selama ini banyak salah mengartikan,” sebutnya.

Selain itu, tulisan Asmaulhusna juga memenuhi setiap dinding masjid. Lengkap dengan paduan warna hijau, hitam, kuning, dan putih.

Bangunan masjid, Rusdi menyebut, banyak orang menilai unik karena seperti arsitektur Italia, barok. Lengkap dengan puluhan bahkan ratusan tiang menjadi penopang masjid.

“Nah, kalau makam sang pendiri masjid Syeikh Alfaqir yang wafat sekitar 2014 lalu itu berada terpisah dari pintu seribu. Jadi, bangunan ini total hampir satu hektare,” sebutnya.

Rusdi menuturkan, di dalam masjid juga terdapat puluhan musala. Puluhan musala ini dibuat menandakan sarana ibadah yang juga berada di wilayah lainnya.

Atap Bocor

Rusdi menuturkan, pada lantai tiga Masjid Pintu Seribu Tangerang rencananya akan direnovasi. Di tempat itu, kata dia, sudah sering bocor jika hujan tiba.

“Mau direnovasi karena sudah ada yang bocor. Namun renovasi dilakukan oleh jemaah dan hasil anggaran infak serta sedekah, bukan ada donatur,” tegasnya.

“Banyak sebenarnya yang ingin mendonaturkan bangunan masjid ini. Tapi ditolak karena amanah dari Syekh, masjid ini adalah milik umum atau jemaah,” paparnya.

Achmad Khairuzzaman Mufti Ali, seorang yang juga mengurusi Masjid Seribu Pintu, menuturkan banyaknya pengunjung menjadikan masjid sebagai wisata religi yang diminati masyarakat.

“Nilai sejarahnya tentu menjadi kisah penting penyebaran dakwah Islam di daerah sini. Pengunjung cukup banyak yang datang terlebih pada peringatan hari Islam,” sebutnya.

Achmad mengajak semua masyarakat untuk ikut serta melestarikan wisata religi yang ada.

“Mari kita jaga sama-sama bergotong-royong menjaga dan melestarikan wisata religi ini,” pungkasnya. @fen/sumber: suara.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAUSIAH: Dosa yang Lebih Besar daripada Berzina

Sab Okt 31 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Pada suatu senja yang lengang, seorang wanita dari Bani Israil berjalan terhuyung-huyung, pakaiannya yang serba hitam menandakan bahwa ia berada dalam duka cita yang mencekam. Kerudungnya menangkup rapat hampir seluruh wajahnya. Tidak ada rias muka atau perhiasan menempel di tubuhnya. Badan yang ramping dan mukanya yang […]