RUMAH ALLAH: Presiden Turki Resmikan Renovasi Masjid Abad ke-16 di Bosnia

Editor Masjid Bascarsija di Sarajevo, Bosnia./anadolu agency/via ihram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat menghadiri pembukaan kembali masjid abad ke-16 yang telah direnovasi di ibu kota Bosnia dan Herzegovina.

Mengungkapkan Masjid Bascarsija salah satu simbol kota Sarajevo, Presiden Erdogan mengatakan pihaknya enam tahun lalu memutuskan untuk mengembalikan masjid itu ke kejayaannya dahulu.

Berbicara dalam acara peresmian itu, Erdogan mendesak umat Islam untuk membawa anak-anak mereka ke masjid, yang merupakan pusat “pengetahuan, kebijaksanaan, pembelajaran, dan pengajaran,” serta simbol semua anggota agama Islam.

Non-muslim juga diterima di dalam masjid, tambah Erdogan, seraya mengatakan, “Kita harus memastikan bahwa teman-teman non-muslim kita bisa datang ke sini dengan tenang, tanpa ragu atau takut.”

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang berkontribusi pada renovasi masjid ini. Semoga Allah memberkati saudara-saudara kita di Sarajevo yang akan menghidupkan kembali masjid dengan doa, dzikir, dan ibadah mereka,” kata Erdogan seperti dilansir Ihram.co.id dari Anadolu Agency.

Masjid Bascarsija dibangun pada tahun 1527 di Alun-alun Bascarsija di pusat Sarajevo.

Situs itu rusak parah akibat kebakaran pada 1697. Pada 1762, cat dan pahatan masjid diperbarui oleh Mehmed Pasha Muhsinovic.
Selama perang Bosnia antara tahun 1992 dan 1995, kubah masjid, menara, dinding luar, dan interior rusak parah.

Direktorat Yayasan-Yayasan Turki baru-baru ini melakukan renovasi tambahan pada bagian struktur dan kubahnya.

Dikenal karena akustiknya yang kuat, masjid bersejarah ini dinyatakan sebagai monumen nasional pada 2006.

Sekarang masjid ini telah diperbaiki oleh Direktorat Yayasan-Yayasan Turki.

Erdogan pada Jumat tiba di Sarajevo, pemberhentian pertama dalam kunjungannya ke Balkan.
Pada Sabtu Erdogan tiba di Podgorica, ibu kota negara tetangga Montenegro, atas undangan Presiden Milo Djukanovic. @fen

Baca Juga :  Awali Strategi Pengembangan di Kawasan Asia Pasifik, Produk Cat Sherwin-Williams Industrial Wood Coatings Andalkan Inovasi Ramah Lingkungan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAUSIAH: Hitung-hitunglah Antara Musibah dan Nikmat

Sen Sep 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Coba kita menghitung-hitung musibah yang kita hadapi dibandingkan dengan nikmat yang Allah berikan. Lebih banyak mana di antara keduanya? Tetap akan lebih banyak nikmat sehingga kadang satu kondisi, kita malah bersyukur, padahal sedang mendapatkan musibah, bencana, ujian luar biasa. 1. Mari Kita Belajar dari Kisah Nabi Ayyub […]