Rumah Warga Rusak, Kades Rancaekekkulon Bantu Rehab

Editor Wawan Kusnawan(tengah pakai masker) Pjs.Kepala Desa Rancaekekkulon sedang menyerahkan bantuan uang tunai kepada Ny. Dede di Babakanrawa, Jumat (22/1/2021). Sementara foto bawah tampilan rumah hasil rehab oleh Pemerintah Desa Rancaekekkulon./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Banyaknya rumah warga di Desa Rancaekekkulon, Rancaekekwetan, dan Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang rusak akibat diterjang banjir, Kamis (21/1/2021), Pemerintah Desa Rancaekekkulon, tak tinggal diam.

Akan tetapi, segera membantu, seperti merenovasi 1 rumah warga di Kampung Babakanrawa RT08/RW07 yang rusak cukup parah, yaitu rumah Dede (46).

Bantuan rehab tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Penjabat Kepala Desa, Wawan Kusnawan saat menyambangi korban banjir Jumat (22/1/2021) siang.

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Ketua BPD,Toni Suarsa, Babinsa, Serma Syamsudin, Anggota BPD, Ketua RT 08, Acep, dan warga setempat.

Menurut Wawan, rumah tersebut kondisinya sangat memerlukan bantuan rehab sehingga menjadi prioritas tahap pertama.

“Tentu saja perbaikan tersebut sesuai dengan tingkat kerusakan. Yang menjadi prioritas adalah rumah warga yang sudah hancur diterjang banjir karena jebolnya tanggul Sungai Cikeruh, atau rumah yang tingkat kerusakannya cukup parah sehingga tak bisa ditinggali,” ujar Wawan kepada VISI.NEWS di sela-sela kunjungan ke rumah korban banjir.

Lebih lanjut Wawan menambahkan, banjir yang menerjang hampir setiap RW di Desa Rancaekekkulon adalah musibah yang tidak bisa dihindari. Apalagi sejak 2 tahun lalu, dirinya sudah menjelaskan bahwa di daerah ini rawan bencana banjir, puting beliung, dan kekeringan.

“Saya mengimbau warga agar bersama-sama menjaga lingkungan dengan memperbanyak penanaman pohon atau minimal tidak menebangi pohon yang sudah ada. Pemerintah Desa Rancaekekkulon memiliki keterbatasan kemampuan sehingga sangat memerlukan bantuan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Toni selaku Ketua Badan Pemasyarakatan Desa (BPD) Rancaekekkulon menambahkan,
“Bantuan rehab ini adalah murni dari kades yang langsung bisa dimanfaatkan oleh rumah warga yang kena banjir akibat tanggul jebol dan semoga saja bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat. Kami juga berharap banjir tak lagi melanda Desa Rancaekekkulon ke depannya,” ujar Toni. @bud

Baca Juga :  Usum Reses (1)

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Cecep: Pembenahan Aliran Sungai Cikeruh Harus Dibarengi Penyesuaian Fasilitas Umum

Jum Jan 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Golkar H. Cecep Suhendar menyatakan, pembenahan aliran Sungai Cikeruh yang melintasi Desa Bojongloa, Rancaekekwetan, dan Desa Rancaekekkulon, Kecamatan Rancaekek, dan Desa Cileunyiwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, harus dibarengi dengan penyesuaian fasilitas umum. Di antaranya, meninggikan jembatan rel kereta api yang ada […]