Rusia dan Ukraina Membuat Klaim Bertentangan tentang Penguasaan Kota Soledar

Editor Pasukan Ukraina berpatroli di area dekat Soledar, Bakhmut, Ukraina timur, 8 Januari 2022./foto aa/via dailysabah.com/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | UKRAINA – Nasib kota utama Soledar di Ukraina timur tergantung pada keseimbangan pada Rabu ketika Rusia dan Ukraina membuat klaim yang bertentangan atas siapa yang mengendalikan kota itu.

Sebelumnya pada hari itu, kelompok tentara bayaran Rusia Wagner mengklaim telah menguasai kota penambangan garam – batu loncatan dalam dorongan Moskow untuk merebut seluruh wilayah Donbass – tetapi pertempuran tampaknya terus berlanjut.

Milisi kontrak mengatakan Selasa malam bahwa pertempuran masih terjadi di pusat kota dan pemerintah Kyiv mengatakan pasukannya masih bertahan.

Dari pinggiran, kepulan asap terlihat mengepul di atas kota dan tembakan artileri yang masuk tanpa henti.

Seorang fotografer Reuters melihat banyak penduduk melarikan diri di sepanjang jalan keluar kota dalam cuaca yang sangat dingin.

Dengan perang sekarang memasuki bulan ke-11 , komandan Rusia telah menargetkan Soledar sebagai platform untuk menyerang kota terdekat Bakhmut, yang telah bertahan selama berbulan-bulan melawan serangan Rusia. .

Kemenangan di Soledar akan memiliki nilai simbolis, militer, dan komersial bagi Rusia setelah serangkaian kemunduran medan perang dalam beberapa bulan terakhir, tetapi nasibnya tidak sepenuhnya jelas pada Rabu pagi.

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin, sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan pada Selasa malam:

“Unit Wagner menguasai seluruh wilayah Soledar. Sebuah kuali telah dibentuk di tengah kota tempat pertempuran perkotaan sedang berlangsung.”

Sebuah foto yang diposting di saluran Telegram Wagner memperlihatkan Prigozhin dan tentara bayarannya berada di dalam tambang garam di Soledar.

‘Pertarungan sengit’

Komentarnya bahwa pertempuran berlanjut di tengah menunjukkan bahwa kendali Rusia tidak lengkap meskipun pernyataannya bahwa semua kota ada di tangan Wagner.

Pemerintah Kyiv sebelumnya mengatakan pasukannya bertahan. Ringkasan pagi militer Ukraina menyebutkan Soledar, mencantumkannya sebagai salah satu dari beberapa kota yang dibom di wilayah Donetsk di Donbas. @fen/reuters/aa/dailysabah.com

Baca Juga :  Diprediksi, Jakarta Salah Satu Kota yang Paling Cepat Tenggelam di Dunia

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pada Muktamar Haji di Saudi, Ulama Indonesia Diskusikan Kemungkinan Penyembelihan Hewan Dam di Tanah Air

Kam Jan 12 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menggelar Muktamar Haji 1444 H/2023 M di Jeddah. Muktamar yang berlangsung sejak 9 Januari 2023 ini juga dimeriahkan dengan seminar yang antara lain mengangkat tema ‘Fiqhut-Taysiir (kemudahan) dalam Haji dan Implikasinya terhadap Kemudahan Layanan”. Muktamar yang berlangsung pada Selasa (10/1/2023), ini […]