RUU Pengawasan Obat dan Makanan Diharapkan Mampu Perkuat Posisi BPOM

Editor Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengawasan Obat dan Makanan diharapkan dapat memperkuat posisi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selama ini, menurutnya, Badan POM dalam menjalankan tugasnya, salah satunya melakukan pengawasan terhadap edar obat dan makanan, tanpa dilandasi payung hukum yang kuat.

 

“RUU ini poinnya banyak sekali, tapi intinya (untuk) memperkuat BPOM, karena selama ini mereka tanggung jawabnya luar biasa menjaga keseimbangan pangan dan kesehatan masyarakat. Namun payung hukumnya belum kuat, jadi RUU itu untuk memberi payung hukum,” katanya saat memimpin pertemuan tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI dengan sivitas akademika Universitas Indonesia secara virtual, Kamis (10/2/2022).

 

“Jadi dalam UU itu mulai persiapan produksi sudah diawasi sampai pembinaan terhadap UMKM. Bisa jadi hasil tes awal produk itu gak lolos di BPOM bukan serta merta ditinggalkan tapi diberi pendampingan agar lolos,” sambung Ninik, sapaan akrab politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

 

Selain itu, adanya RUU tersebut juga memberi kelonggaran bagi Badan POM untuk melakukan tindakan dalam pengawasannya. Pasalnya, lanjut legislator dapil Jawa Timur III ini, selama ini badan tersebut hanya bisa melakukan pengawasan tanpa tindakan bagi pengedar obat dan makanan ilegal.

 

Ninik menambahkan, dalam penyusunan RUU Pengawasan Obat dan Makanan, Komisi IX DPR RI membutuhkan masukan dari akademisi-akademisi dari perguruan tinggi di Indonesia. “Maka dari itu kita langsung ke Depok, tepatnya Universitas Indonesia untuk meminta masukan dari beberapa fakultas yang memang sesuai dengan RUU tersebut nantinya akan kita serap dan dijadikan bahan pertimbangan ke depannya,” sebutnya. @alfa.

Baca Juga :  Siap Kuasai Pasar Industri Turunan Semen, SIG Luncurkan Inovasi Mortar Terbaik yang Pernah Diciptakan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Angayubagia, Upacara Syukur Umat Hindu di Prambanan Usai Nota Kesepakatan Angayubagia, Upacara Syukur Umat Hindu di Prambanan Usai Nota Kesepakatan

Sab Feb 12 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | YOGYAKARTA – Terik matahari di Kota Yogyakarta tampak sedikit redup saat seratus umat Hindu mulai memasuki area Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (11/2/2022). Siang ini, umat Hindu menggelar sembahyang bersama Angayubagia. Upacara ini merupakan bentuk ucapan syukur umat Hindu paska lahirnya Nota Kesepakatan Pemanfaatan Candi Prambanan, Candi Borobudur, […]