Salat Jumat Perdana Jemaah Haji Indonesia di Masjidil Haram

Editor Jemaah haji Indonesia di Masjidil Haram, Mekkah. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MEKKAH – Hampir 1.900 jamaah haji Indonesia Gelombang I tiba di Makkah, Arab Saudi pada Kamis (1/6/2023). Mereka sebelumnya tinggal di Madinah selama 8 hari untuk menunaikan ibadah Arbain. Hari ini, Jumat (2/6/2023) untuk pertama kalinya mereka menunaikan salat Jumat di Masjidil Haram.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Kholilurahman mengatakan, kedatangan jamaah Indonesia di Makkah dari Madinah keesokan harinya bertepatan dengan hari Jumat. Setibanya di Makkah, jemaah menuju ke Masjidil Haram untuk Salat Jumat.

“Konsultan ibadah telah melakukan rapat koordinasi bagaimana persiapan-persiapan mereka dalam rangka untuk mengantisipasi jangan sampai jamaah kelelahan sehingga tidak bisa merasakan ibadah haji,” jelasnya.

Kamis malam, sebagian dari mereka menunaikan umrah wajib sebagai bagian dari rangkaian ibadah haji, setelah sejenak beristirahat selepas perjalanan 6 jam dari Madinah menuju Makkah menggunakan bus.

“Alhamdulillah kloter JKG 1 telah tiba di Kota Makkah jamaah riil yang hadir sebanyak 390 jamaah, ketika datang di Madinah ada 393. Namun dua sedang perawatan di Madinah yang satu mendampingi jamaah yang sakit,” ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Kholilurahman, Jumat.

Kholilurahman menyebut, sebanyak 108 hotel telah siap menerima kedatangan jamaah haji di Makkah, termasuk transportasi bus shalawat untuk mengantarkan jemaah umrah perdana.

“Alhamdulillah setelah kami cek layanan konsumsinya untuk cita rasanya sudah sesuai dengan citra rasa masakan Indonesia dan juga terkait dengan gizi juga sudah terjamin,” ujarnya.

Sebanyak 7.092 jemaah haji Indonesia dari 18 kloter bergerak dari Madinah ke Makkah Jumat (2/6/2023) untuk melakukan umrah wajib setelah pada Kamis (1/6/2023) sebanyak 1.987 jemaah telah tiba di kota suci tersebut. Dua jamaah tertunda masuk Makkah karena urusan kesehatan.

Baca Juga :  Jutaan Anak dan Wanita Hamil Terancam Risiko di Wilayah Banjir Pakistan

Sebelumnya, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid menyampaikan bahwa PPIH sudah mempersiapkan tiga hal untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jamaah haji Indonesia selama di Makkah.

Pertama, menyiapkan 108 hotel minimal setara bintang tiga. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yaitu: Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin. Kedua, menyiapkan layanan konsumsi untuk tiga kali makan sehari, berupa sarapan, makan siang, dan makan malam bagi seluruh jamaah. Ketiga, untuk mempermudah giat ibadah jamaah selama di Makkah, PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan angkutan bus Shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pesantren Al-Hamidiyah Depok Dijadikan Tempat Rakornas LPBINU, Ini Alannya

Sab Jun 3 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | DEPOK – Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Depok, Jawa Barat, menjadi tempat berlangsungnya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBINU) dengan tema Ekologi Spiritual: Upaya Merawat Jagat Membangun Peradaban yang dijadwalkan tiga hari, Jumat-Ahad (2-4/6/2023). Ketua Panitia, Maskut Candranegara, mengatakan terkait alasan mengapa Pesantren Al-Hamidiyah […]