Sandang dan Alas Kaki Penyumbang Inflasi Tertinggi Bulan Mei di Kota Solo

Editor Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto./visi.news/istimewa.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Laju inflasi di Kota Solo pada bulan Mei 2021 yang melewati masa puasa dan lebaran, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dipengaruhi kelompok komoditas pangan, kali ini sumbangan terbesar inflasi berasal dari kelompok sandang dan alas kaki.

Berdasarkan pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, pada bulan Mei 2021 mengalami inflasi sebesar 0,06 persen dengan Indeks Harga Konsumen 105,84. Laju inflasi tersebut berasal dari kenaikan harga-harga, berdasarkan indikator naiknya angka indeks harga konsumen atau IHK.

Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto, menjelaskan kepada wartawan, Rabu (2/6/2021), kelompok sandang atau pakaian dan alas kaki mengalami kenaikan 0,38 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga naik 0,10 persen, dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga naik 0,07 persen.

Komoditas lain yang mengalami kenaikan, yaitu kelompok kesehatan naik 0,03 persen, kelompok transportasi naik 0,18 persen, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan naik 0,02 persen, kelompok rekreasi, olah raga dan budaya naik 0,28 persen serta kelompok penyediaan makanan, minuman atau restoran naik 0,03 persen.

Sedangkan kelompok makanan, minuman dan tembakau turun 0,03 persen dan kelompok perawatan pribadi serta jasa lainnya turun 0,13 persen.

“Dengan inflasi 0,06 persen tersebut, maka laju inflasi tahun kalender antara Januari-Mei 2021, sebesar 1,18 persen. Sedangkan laju inflasi year on year, Mei 2021 terhadap Mei 2020, sebesar 2,24 persen,” kata Totok Tavirijanto.

Di enam kota Jawa Tengah yang dihitung angka inflasinya, menurut Kepala BPS Kota Solo itu, pada Mei 2021 tercatat semua kota mengalami inflasi. Laju inflasi tertinggi terjadi di Kota Tegal dan Cilacap, masing-masing sebesar 0,25 persen, berikutnya Kudus 0,21 persen, Purwokerto 0,19 persen, dan Semarang 0,17 persen. @tok

Baca Juga :  RAMADANAN | Tradisi-tradisi Khas Akhir Ramadan, Ada Imam Naca Qunut pada Rakaat ke-3 Salat Witir

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tidak Ada Hak Pegawai Non PNS Memiliki 2 Unit Kendaraan Operasional

Kam Jun 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Adanya pegawai Non PNS yang memiliki atau menggunakan 2 unit kendaraan operasional, ditegaskan Kasubid Barang Milik Daerah (BMD) dari Badan Keuangan dan Asset Daerah (BKAD), Didin Cahyadi, jelas itu melanggar aturan dan harus ditindaklanjuti. Didin menambahkan, kendaraan jenis grandmax dan motor yang digunakan pegawai Non PNS tersebut […]