Satu Keluarga Terpapar Covid-19 Bukan di Desa Cinunuk, Melainkan di Desa Cibiruwetan

Hadian Supriatna, Kades Cibiruwetan (kiri) dan Ayi Fery Sadeli, Ketua RW 11 Kp. Sadang. Desa Cinunuk./visi.news/yayan sofyan.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Terkait tersiarnya kabar di masyarakat dan diberitakan juga di salah satu media online bahwa ada 1 keluarga positif terpapar Covid-19 ternyata bukan di Desa Cinunuk, namun di Desa Cibiruwetan, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung.

“Mohon diluruskan dan masyarakat perlu tahu, 1 keluarga yang terpapar Covid-19 bukan warga Kompleks Cibiru Asri RW 11 Kp. Sadang, Desa Cinunuk, tapi warga Kompleks Cibiru Asri 1 yang masuk wilayah Desa Cibiruwetan,” kata Ketua RW 11 Kp. Sadang, Desa Cinunuk, Ayi Feri Sadeli saat memberikan keteranganya, Kamis (30/7).

Menurut Ayi hal ini perlu diluruskan pasalnya menyangkut pandemi Covid-19, apalagi jika dikabarkan ada yang positif covid jelas pengurus RW dan RT akan jadi sorotan serta masyarakat pun bisa jadi khawatir.

“Kabar yang tersiar kan 1 keluarga terdiri ayah, ibu, dan tiga anaknya poitif terpapar Covid-19. Jelas ini mengejutkan dan mengkhawatirkan padahal bukan di wilayah RW saya” tandas Ayi.

Terkait hal itu, Kepala Puskesmas Cinunuk, dr. elfi dan Kades Cinunuk, H. Sesep Ruhiat pun membenarkan bahwa 1 keluarga yang terpapar Covid-19 bukan di Desa Cinunuk.

“Di Desa Cinunuk tak ada 1 keluarga yang diketahui positif Covid-19” kata Elpi diiyakan oleh Sesep Ruhiat.

Telah diisolasi

Sementara itu Kades Cibiruwetan, Hadian Supriatna membenarkan bahwa 1 keluarga yang positif terpapar Covid-19 itu warga Kompleks Cibiru Asri 1 Desa Cibiruwetan Kec. Cileunyi.

Terkait hal tersebut Pemerintah Desa Cibiruwetan merespons dengan cepat dan mengambil langkah sesuai prosedur protokol kesehatan yang salah satunya telah melakukan desinfeksi di wilayah RW 17 Kompleks Cibiru Asri 1, termasuk berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk melakukan langkah-langkah lanjutan, di antaranya dengan puskesmas setempat dan Dinkes Kab. Bandung.

“Tim Gugus Tugas Covid-19 Desa Cibiruwetan telah melaksanakan penyemprotan disinfektan terkait terpaparnya satu keluarga di Kompleks Cibiru Asri 1. Ini upaya preventif untuk sterilisasi lingkungan sekitar, termasuk memberikan sosialisasi dan imbauan soal upaya memutus mata rantai Covid-19,” katanya.

Menurut Hadian, satu keluarga di Kompleks Cibiru Asri 1 Desa Cibiruwetan yang terpapar Covid-19 tersebut, terdiri dari bapak, ibu, dan tiga orang anak.

“Ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan lab, satu keluarga tersebut dinyatakan positif Covid-19. Bahkan mereka pun kooperatif melapor ke aparat RW dan desa,” terang Hadian.

Saat ini, kata Hadian, seluruh anggota keluarga tersebut tengah menjalani isolasi di salah satu rumah sakit.

“Pihak desa dengan dinas terkait telah melakukan pelacakan (tracing) untuk mengetahui sumber awal penularan Covid-19 terhadap satu keluarga tersebut. Selain tracing, katanya, pihaknya dan dinas terkait juga akan menindaklanjuti siapa saja yang pernah kontak erat dengan para anggota keluarga tersebut. Bahkan akan ditindaklanjut dengan swab test.

“Dari informasi terbaru yang diterima, bapak dan ibu dari keluarga tersebut bekerja di wilayah Kota Bandung, dan sebelumnya telah bepergian ke luar wilayah Kabulaten dan Kota Bandung,” terang Hadian. @yan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gawat! 8 ASN Pemkab Bandung Terindikasi Covid-19

Kam Jul 30 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS — Menanggapi adanya 8 orang PNS terdampak Virus Corona (Covid-19) di Pemerintah Kabupaten Bandung, di RSUD Soreang 4 orang (2 Dokter dan 2 perawat), Dispakan 2 orang, Dinsos 1 orang, dan 1 orang Sopir, dikatakan anggota DPRD Kab. Bandung dari Fraksi PKS, H. Tedi Surahman, bahwa suatu […]