Sebaiknya Bacakan Doa Ini Sebelum Memulai Bekerja, Insya Allah Segala Urusan Jadi Mudah

Editor Ilustrasi/via sindonews.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Sebagai seorang muslim, kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT dalam setiap keadaan, termasuk sebelum memulai pekerjaan. Doa adalah senjata bagi orang beriman, sekaligus sebagai bentuk pengakuan bahwa kita membutuhkan pertolongan dan rahmat dari Allah SWT.

Salah satu doa yang disunnahkan untuk dibaca sebelum bekerja adalah doa yang diriwayatkan oleh Imam al-Thabrani dalam kitab ad-Du’a¹. Doa ini berisi permohonan agar diberi rezeki yang baik dan berkah, serta agar senantiasa mencintai kebaikan dan menjauhi keburukan.

Doa ini juga mengandung permohonan agar Allah SWT tidak mencabut keislaman kita setelah diberikan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kita untuk bersyukur atas nikmat iman dan Islam yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita.

Berikut adalah bacaan dan arti doa sebelum bekerja versi Imam al-Thabrani:

“`
اللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْلَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا
“`

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

Baca Juga :  Istri Mantan Pemain Persib Melahirkan Tiga Anak Kembar

Selain doa tersebut, ada juga doa lain yang bisa dibaca sebelum bekerja, yaitu doa yang berisi permohonan agar diberi rezeki yang halal, baik, dan luas, serta agar dimanfaatkan dengan baik². Doa ini juga mengandung permohonan agar rezeki kita paling luas ketika kita tua dan lemah, serta agar Allah SWT mencukupkan kita dengan halal-Nya dari haram-Nya.

Berikut adalah bacaan dan arti doa sebelum bekerja versi kedua:

“`
اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.
“`

Artinya:

“Ya Allah, berilah padaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezeki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya.”

Dengan membaca doa-doa tersebut, kita berharap agar Allah SWT memberi kita kelancaran dan kemudahan dalam bekerja, serta memberkahi hasil kerja kita. Semoga Allah SWT menjadikan kita hamba-Nya yang selalu berdoa, bersyukur, dan beramal shalih. Aamiin.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pagi-pagi Makan Rebusan Kol, Ini Khasiatnya

Sel Des 19 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kol atau kubis adalah salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan diolah menjadi berbagai masakan. Selain enak, kol juga memiliki gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Itu seperti vitamin A, zat besi, vitamin B6, folat, antioksidan, dan lainnya⁵. Salah satu cara mengonsumsi kol yang […]