SEHAT: 5 Manfaat Belimbing Wuluh, Dipercaya Mampu Atasi Obesitas

Editor Belimbing wuluh./pixabay/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di negara tropis, seperti Indonesia. Bentuknya lonjong dengan ukuran yang kira-kira lebih besar sedikit dari melinjo. Warnanya cenderung hijau dan memiliki rasa yang asam.

Sering digunakan sebagai bahan campuran masakan, nyatanya belimbing wuluh kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, lho. Nah, berikut ini 5 manfaat belimbing wuluh, dirangkum dari hellosehat dan alodokter.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Belimbing wuluh kaya akan serat, vitamin C, kalium, dan antioksidan. Semua kandungan ini dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung, serta pembuluh darah. Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas yang akan memicu kerusakan tubuh, seperti meningkatkan pertumbuhan sel kanker.

Vitamin C pada belimbing wuluh mampu mengurangi peradangan dan menangani penyumbatan di pembuluh darah yang dikenal dengan istilah aterosklerosis. Kemudian, kalium bekerja sebagai penurun tekanan darah, sedangkan serat bermanfaat untuk menyusutkan kadar kolesterol dan gula darah.

2. Mengontrol Gula Darah

Seperti diketahui, belimbing wuluh memiliki kandungan serat dan antioksidan. Keduanya dianggap baik dalam menjaga gula darah agar tetap stabil. Pasalnya, kadar gula tinggi yang tidak segera ditangani dapat memicu resistensi insulin. Jika terlalu lama dibiarkan, kondisi ini akan membuatmu mengidap diabetes tipe 2.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk mengontrol gula darah agar kadarnya tetap berada di angka yang normal. Jadi, berbagai penyakit lain, seperti kerusakan mata hingga gangguan saraf dan ginjal dapat teratasi.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Belimbing wuluh juga mengandung kalsium yang sudah dikenal baik untuk tulang. Kandungan ini akan menjaga kesehatannya, termasuk meningkatkan kepadatan serta menjaga bentuk kerangka agar tetap kuat.

Baca Juga :  DUNIA ISLAM: Islam Pernah Berkuasa di India, Mengapa Tetap Hindu?

Dengan kata lain, mengonsumsi belimbing wuluh dapat menjauhimu dari berbagai masalah tulang, seperti osteoporosis. Penyakit ini nantinya akan membuat tulangmu mengalami kerapuhan, bahkan mudah patah.

4. Mengatasi Batuk dan Pilek

Kandungan asam akrobat atau Vitamin C pada belimbing wuluh bermanfaat dalam menjaga benteng pertahanan tubuh agar tetap kuat. Zat ini memang dikenal ampuh untuk meningkatkan sistem imun, sama seperti jeruk dan buah-buahan lainnya.

Dengan mengonsumsi belimbing wuluh, berarti daya tahan tubuh akan terjaga. Kamu juga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Misal, batuk, flu, dan pilek yang biasanya timbul akibat perubahan musim.

5. Menangani Obesitas

Anda yang tengah menjalani proses penurunan berat badan karena obesitas, bisa menjadikan buah ini sebagai alternatif menu harian. Menurut sebuah penelitian, belimbing wuluh yang dikeringkan memiliki manfaat dalam menangani masalah tersebut.

Pasalnya, belimbing wuluh kering tinggi akan antioksidan yang dikenal mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan penyebab obesitas. Caranya dengan mengurangi stres oksidatif pada tubuh (kondisi dimana jumlah radikal bebas melebihi kapasitasnya).

Selain itu, belimbing wuluh juga disebut memiliki kandungan anti-hiperlipidemik yang bisa mencegah kenaikan berat badan. @fen/sumber: suara.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SELEB: Ketika Rafathar Mogok Kerja

Sen Nov 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Artis Raffi Ahmad membagikan momen saat anaknya, Rafathar Malik Ahmad, mogok kerja. Hal itu terlihat dalam unggahan video terbaru di Instagram pada Senin (1/11/2021). Di situ, Rafathar Malik Ahmad tampak sedang melakukan photoshoot sebuah produk. “Males banget. Males banget,” kata Rafathar Malik Ahmad sambil teriak, […]