SEHAT: 6 Cara Redakan Kecemasan Demi Kualitas Hidup Lebih Baik

Editor :
Ilustrasi stres dan cemas./credit: pexels.com/victoriab/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kecemasan merupakan kondisi kesehatan mental yang berujung pada ketakutan dan kekhawatiran berlebihan. Meskipun kecemasan dan stres disebut-sebut bagian normal dalam kehidupan, namun dapat berpengaruh kepada aktivitas harian kita lo!

Jika kecemasan kita masuk golongan kronis, artinya kita harus segera berkonsultasi kepada mereka yang ahli di bidangnya, seperti psikolog. Namun jika kecemasannya ringan, dapat diredam dengan beberapa cara, seperti dikutip Liputan6.com dari laman Healthline berikut ini:

Olahraga Teratur

Olahraga harian dapat membantu memperbaiki suasana hati, meningkatkan endorfin, dan mengurangi stres. Kuncinya adalah memilih sesuatu yang kita sukai secara teratur.

Meditasi

Khawatir yang berlebihan adalah gejala khas dari kecemasan. Dengan berlatih meditasi, pernapasan dalam, setiap hari, dapat meredakan gejala kecemasan. Kita mungkin mulai melihat dan merasakan manfaat setelah melakukan meditasi selama beberapa menit setiap hari.

Kurangi Asupan Kafein

Meskipun secangkir kopi di pagi hari saja tidak berbahaya, mengonsumsi terlalu banyak kafein di siang hari dapat memperburuk gejala kecemasan dan menyebabkan insomnia di malam hari.

Pertimbangkan untuk minum teh camomile pada sore dan malam hari. Teh ini secara alami bebas kafein dan mungkin memiliki efek menenangkan.

Jadwal Tidur

Kecemasan dapat terjadi karena kualitas tidur yang buruk. Ya, jadwal tidur yang enggak teratur atau terlalu banyak begadang dapat menyebabkan insomnia, alhasil kita mengalami kelelahan di siang hari.

Oleh karena itu, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jadikan tidur sebagai prioritas utama seperti jadwal kerja.

Luangkan Waktu Bersosialisasi

Dalam beberapa kasus, kecemasan dapat meningkatkan risiko depresi dan isolasi sosial. Menjadwalkan aktivitas sosial sebelumnya dapat mengimbangi risiko ini. Selain itu, bersosialisasi dapat meningkatkan endorfin dan mengurangi stres.

Baca Juga :  Covid-19 di Jawa Tengah, Empat Daerah Zona Merah

Komposisi Makanan

Buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan ikan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sekaligus meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.
Selain itu yang harus kita ketahui bahwa kecemasan juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh lo!

Ya, semakin kita cemas, sistem tubuh kita melemah. Maka dari itu, lakukan tips di atas dan tambahkan suplemen yang memiliki komposisi sumber vitamin C.

Nah untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, mulailah mengonsumsi suplemen vitamin C. Ya, vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Nah rekomendasi minuman kesehatan yang tepat dikonsumsi selama pancaroba di masa pandemi yang mengandung Biang Vitamin C–zat aktif 1000mg.

Ya, vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi biomolekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat, dari kerusakan oksidan yang dihasilkan selama metabolisme sel normal dan melalui paparan racun dan polutan. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

AS Roma vs AC Milan, Duel Hidup Mati Menuju Liga Champions

Ming Feb 28 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Allenatore AC Milan , Stefano Pioli menyebut bahwa pertemuan timnya dengan AS Roma , Senin (1/3/2021) dini hari WIB merupakan duel menuju Liga Champions. Milan saat ini tengah menduduki peringkat dua di tabel klasemen Serie A dengan poin 49, unggul lima angka dari Roma yang tengah menghuni […]