SEHAT: 6 Manfaat Mendengarkan Musik

Editor Ilustrasi mendengarkan musik./unsplash/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Telah terbukti bahwa mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental seseorang.

Tak hanya itu, pelajaran musik juga mampu meningkatkan IQ seseorang, di mana ini akan membentuk pemikirannya agar lebih tajam.

Nah, bagi Anda yang suka mendengarkan musik, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas tersebut.

Berikut ini daftarnya dilansir Suara.com dari Kent Teach.

– Bisa meningkatkan kebahagiaan

Mendengarkan musik yang enak dan bahagia dapat meningkatkan hormon kebahagiaan. Sebuah studi dari The neuroscience of musical chill, yang dilakukan oleh The Montreal Neurological Institute and Hospital, mengungkap bahwa musik dapat melepaskan hormon bahagia lewat dopamin.

– Dapat meningkatkan performa

Ketika seseorang melakukan olahraga lari sambil mendengarkan musik, dikatakan dapat meningkatkan performanya.

Jika Anda tertarik untuk melakukannya, disarankan untuk mendengarkan musik yang bisa meningkatkan kemampuan lari Anda. Tentunya, bisa dicoba lewat lagu yang membawa nada semangat.

– Dapat menurunkan stres

Terbukti, mendengarkan musik dapat menurunkan kadar hormon stres. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian, yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh yang meningkat terjadi ketika seseorang aktif berpartisipasi bermain musik dan bernyanyi.

– Membantu tidur lebih nyenyak

Ternyata manfaat mendengarkan musik bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian, di mana siswa yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur, secara signifikan meningkatkan kualitas tidur mereka.

– Dapat mengurangi depresi

Dikatakan, lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan depresi. Dan 90 di antaranya mengalami insomnia. Sebuah penelitian tentang tidur mengungkapkan, mendengarkan musik klasik disebut mampu menurunkan gejala depresi. @fen

Baca Juga :  Dugaan Pungli di MKKS Kab. Bandung, GNPK RI Jabar Siap Mengadvokasi Para Kepsek SMK

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TIPS: Tetap Romantis dengan Pasangan Meski Sudah Lama Menikah

Sel Okt 19 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sudah menjadi rahasia umum, romantisme pasangan hanya dirasakan di awal-awal pernikahan atau saat pacaran. Semakin usia pernikahan bertambah, jadi makin terbiasa satu sama lain sehingga sudah jarang melakukan hal-hal yang membuat hati kalian berbunga-bunga lagi. Hal ini yang kemudian sering menjadi sumber masalah dalam hubungan. […]