SEHAT: Bolehkah Minum Kopi saat Sahur? Ini Jawaban Dokter

Editor Minum kopi saat sahur./about islam/ via okezone.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Banyak dari Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari. Saat puasa, kebiasaan itu akhirnya mundur ke jam sahur. Tapi, apakah boleh sahur minum kopi?

Seperti kita tahu, kopi mengandung kafein yang tidak bisa diterima tubuh semua orang. Ya, ada beberapa orang yang intoleran dengan kafein yang menyebabkan efek nyeri lambung, jantung berdebar, hingga sensasi tidak nyaman di area mulut.

Sedangkan, untuk mereka pencinta kafein, zat aktif tersebut malah dinantikan agar tubuh terasa lebih segar dan berstamina. Nah, perasaan itu yang kemudian dimanifestasi ke suasana puasa. Dengan minum kopi saat sahur, diharapkan tubuh lebih fit dan berenergi.

Tapi, Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam tidak menyarankan Anda minum kopi di saat sahur, sekalipun Anda kecanduan kopi. Hal ini akan memberi efek buruk pada ketersediaan air dalam tubuh.

“Kami tidak menganjurkan siapa pun minum kopi saat sahur karena minuman itu akan memberi efek buang air kecil yang berlebihan,” ungkap Prof Ari dalam keterangan virtual, beberapa waktu lalu seperti dilansir Okezone.com.

Dalam laman Dinas Kesehatan Yogyakarta diterangkan, kafein menyebabkan otot kandung kemih melemah. Ini menyebabkan tempat penampungan air seni tidak bisa menampung terlalu banyak cairan di dalamnya. Alhasil, bikin Anda beser atau sering buang air kecil.

Sementara itu, Prof Ari yang juga merupakan dokter spesialis penyakit dalam tidak mempermasalahkan jika Anda mau minum kopi saat Ramadan. Namun, di waktu malam hari, tapi ingat tidak saat berbuka puasa.

“Kalau mau minum kopi, silahkan saat malam hari setelah selesai makan besar buka puasa. Minum kopi di momen ini tujuannya biar enggak ngantuk saat tarawih. Dengan catatan, lho, lambung Anda memang oke,” terangnya. @fen

Baca Juga :  Rp 24 Triliun Disiapkan BI Jabar Antisipasi Lonjakan Penukaran Uang pada Ramadan dan Idulfitri

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini yang Dipilih Putri Ayudia Saat Tidak Mudik

Sel Apr 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Batal mudik tahun ini, aktris Putri Ayudya mengaku akan mengisi waktu Lebarannya dengan melakukan panggilan video dan syuting film. “Kelihatannya saat Lebaran aku masih ada syuting sambil mengurus program beasiswa Yayasan. Kalaupun bertemu keluarga besar paling mungkin via aps conference,” kata Putri saat dihubungi, Selasa (26/4/2021) seperti […]