SEHAT: Efek Samping Paracetamol pada Tubuh

Editor Ilustrasi./istockphoto/sarinyapinngam/via cnn indonesia/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Paracetamol merupakan salah satu obat yang paling banyak dikonsumsi. Obat ini kerap jadi rujukan dalam berbagai kondisi, mulai demam, sakit kepala, hingga nyeri.

Paracetamol termasuk jenis obat yang aman dikonsumsi. Kendati demikian, kenali efek samping paracetamol pada tubuh.

Paracetamol adalah obat analgesik dan antipretik untuk meredakan demam, sakit kepala, dan nyeri ringan.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Abraham Andi Padlan Patarai mengatakan paracetamol merupakan salah satu jenis obat yang jarang mendapatkan laporan terkait efek samping.

Pada sebagian kecil orang, konsumsi paracetamol dapat menimbulkan mual dan kadang disertai muntah.

“(Efek samping) hanya sesaat. Mungkin saat minum paracetamol masih kosong lambungnya, terus minum, (lalu mual dan muntah),” kata dokter yang akrab disapa Bram lewat telepon seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (23/7/2021).

Bram menjelaskan paracetamol termasuk kelompok obat antipiretik yakni obat antidemam. Untuk penggunaan dosis tunggal, sangat jarang terjadi efek samping.

Laporan dari NHS juga menunjukkan paracetamol sangat jarang menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Dalam kasus yang sangat jarang, reaksi alergi serius atau anafilkasis terhadap paracetamol mungkin terjadi.

Menurut Bram, alergi mungkin terjadi jika paracetamol yang dikonsumsi sudah kedaluwarsa atau konsumsi paracetamol dengan unsur obat-obatan lain.

Paracetamol juga kerap dikemas bersama unsur obat lain. Seperti gabungan parecetamol dengan obat batuk atau obat pilek.

Periksa efek samping yang mungkin terjadi pada kemasan obat. Konsumsi paracetamol sesuai petunjuk penggunaan obat atau resep dokter. @fen

Baca Juga :  Di ‘Ngopi MUI’, Ketua Dewan Pers Ingatkan Umat Bahaya Media Abal-Abal

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Program Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jabar Digulirkan Lagi Mulai 1 Agustus 

Ming Jul 25 , 2021
Silahkan bagikanVISI. NEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali akan menggulirkan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor mulai 1 Agustus 2021. Program tersebut bernama Triple Untung Plus karena ada tiga keuntungan bagi pemilik kendaraan bermotor yang akan membayar pajak. Pertama, adalah bebas denda pajak kendaraan bermotor bagi warga yang telat […]