SEHAT: Jangan Keliru, Gula Darah Naik Tak Hanya Dipicu Makanan Manis

Editor Cek gula darah./net/via tribunnews.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Mungkin ada yang menganggap bahwa naiknya kadar gula darah hanya dipicu oleh makanan atau minuman yang manis.

Padahal banyak makanan atau minuman yang tidak manis sekalipun yang ternyata berkontribusi besar dalam meningkatkan kadar gula darah seseorang. Semisal satu di antaranya adalah makanan yang tinggi karbohidrat.

Makanan tinggi karbohidrat

Makanan yang menghasilkan lonjakan gula darah terbesar adalah makanan yang tinggi karbohidrat olahan. Makanan ini meliputi: produk biji-bijian putih, seperti pasta dan nasi, kue, roti putih, sereal olahan dingin, dan minuman manis

Jika Anda memperhatikan asupan karbohidrat, Anda tidak harus menghindari makanan ini. Sebaliknya, Anda harus berhati-hati dengan ukuran porsi dan menggantinya dengan biji-bijian jika memungkinkan. Semakin banyak makanan yang Anda makan, semakin besar jumlah gula yang akan Anda serap.

Makan makanan campuran sangat membantu. Protein, lemak, dan serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat. Ini akan membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Seberapa sering Anda makan di siang hari juga penting. Usahakan untuk menjaga kadar gula darah Anda konsisten dengan makan setiap 3 hingga 5 jam.

Tiga kali makan bergizi sehari ditambah beberapa camilan sehat biasanya dapat menjaga gula darah Anda tetap stabil.

Jika Anda menderita diabetes, dokter Anda mungkin merekomendasikan jumlah karbohidrat yang dapat Anda konsumsi untuk makanan dan camilan.

Anda juga dapat bekerja dengan ahli diet yang akrab dengan diabetes yang dapat membantu merencanakan makanan Anda.

Kesehatan, usia, dan tingkat aktivitas Anda semuanya berperan dalam menetapkan pedoman diet Anda.

Apa yang terjadi saat Anda makan?

Tubuh Anda memecah semua yang Anda makan dan menyerap makanan di berbagai bagiannya. Bagian-bagian ini meliputi: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Baca Juga :  Huawei Meluncurkan Full-Stack Data Center Solution yang Memperbarui Infrastruktur Digital

Karbohidrat yang Anda konsumsi berubah menjadi gula darah. Semakin banyak karbohidrat yang Anda makan, semakin tinggi kadar gula yang Anda keluarkan saat mencerna dan menyerap makanan.

Karbohidrat dalam bentuk cair yang dikonsumsi sendiri lebih cepat diserap dibandingkan dengan makanan padat. Jadi minum soda akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah Anda lebih cepat daripada makan sepotong pizza.

Serat merupakan salah satu komponen karbohidrat yang tidak diubah menjadi gula. Ini karena tidak bisa dicerna. Serat penting untuk kesehatan.

Protein, lemak, air, vitamin, dan mineral tidak mengandung karbohidrat. Karbohidrat memiliki pengaruh terbesar pada kadar glukosa darah.

Jika Anda menderita diabetes, asupan karbohidrat Anda adalah bagian terpenting dari rencana makan Anda yang perlu dipertimbangkan dalam mengelola kadar gula darah Anda.

Gula darah, juga dikenal sebagai glukosa darah, berasal dari makanan yang Anda makan. Tubuh Anda menciptakan gula darah dengan mencerna beberapa makanan menjadi gula yang beredar di aliran darah Anda.

Gula darah digunakan untuk energi. Gula yang tidak diperlukan untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda segera disimpan dalam sel untuk digunakan nanti.

Terlalu banyak gula dalam darah Anda bisa berbahaya. Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi daripada yang dianggap dalam batas normal.

Diabetes yang tidak terkelola dapat menyebabkan masalah pada jantung, ginjal, mata, dan pembuluh darah Anda.
Semakin banyak Anda tahu tentang bagaimana makan memengaruhi gula darah, semakin baik Anda dapat melindungi diri Anda dari diabetes.

Jika Anda sudah menderita diabetes, penting untuk mengetahui bagaimana makan memengaruhi gula darah.

Olahraga dan gula darah

Olahraga dapat berdampak besar pada kadar gula darah Anda karena gula darah digunakan untuk energi. Saat Anda menggunakan otot, sel Anda menyerap gula dari darah untuk energi.

Baca Juga :  Hasil Survei Tembus Tiga Besar, Pengamat: PKS Dipilih Kaum Milenial

Bergantung pada intensitas atau durasi olahraga, aktivitas fisik dapat membantu menurunkan gula darah selama berjam-jam setelah Anda berhenti bergerak.

Jika Anda berolahraga secara teratur, sel-sel di tubuh Anda mungkin lebih sensitif terhadap insulin. Ini akan membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.

Insulin dan gula darah

Insulin adalah hormon penting yang membantu mengatur kadar gula darah Anda. Pankreas membuat insulin. Ini membantu mengontrol kadar gula darah Anda dengan membantu sel-sel yang menyerap gula dari aliran darah.

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak membuat insulin. Artinya Anda harus menyuntikkan insulin setiap hari.

Jika diet dan olahraga tidak cukup untuk mengelola gula darah, mereka yang menderita diabetes tipe 2 mungkin diresepkan obat untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, tubuh Anda memproduksi insulin, tetapi mungkin tidak menggunakannya dengan benar atau menghasilkan cukup insulin. Sel Anda tidak merespons insulin, jadi lebih banyak gula terus beredar di dalam darah.

Olahraga dapat membantu sel merespons lebih baik dan lebih sensitif terhadap insulin. Pola makan yang tepat juga dapat membantu Anda menghindari lonjakan gula darah.

Ini dapat membantu menjaga pankreas Anda berfungsi dengan baik karena kadar gula darah yang tinggi menurunkan fungsi pankreas.

Mengetahui kadar gula darah

Jika Anda menderita diabetes, frekuensi pengujian kadar glukosa darah Anda bergantung pada rencana perawatan Anda, jadi ikuti nasihat dokter Anda tentang waktu yang tepat untuk Anda.

Waktu yang umum untuk memeriksakan diri adalah di pagi hari, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah olahraga, menjelang tidur, dan bila Anda merasa mual.

Baca Juga :  MASALAH: Bolehkah Perempuan Pergi Haji tanpa Suami atau Mahram?

Beberapa orang mungkin tidak perlu memeriksa gula darahnya setiap hari.
Apa yang Anda makan dan apa yang Anda lakukan untuk aktivitas fisik memengaruhi gula darah Anda.

Tetapi tidak ada cara untuk mengetahui apa efeknya kecuali Anda menguji gula darah Anda. Pengukur glukosa darah digunakan untuk menguji kadar gula darah sehingga Anda dapat melihat apakah kadar Anda berada dalam kisaran target.

Dokter Anda juga akan bekerja dengan Anda dalam jangkauan individual Anda. Perhatikan apa yang Anda makan

Karbohidrat adalah komponen dalam makanan yang paling mempengaruhi gula darah. Ini bukan satu-satunya komponen yang menyediakan kalori.

Makanan juga mengandung protein dan lemak yang memberikan kalori.
Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dalam sehari, kalori tersebut akan diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam tubuh Anda.

Semakin banyak berat badan Anda, semakin kurang sensitif tubuh Anda terhadap insulin. Akibatnya, kadar gula darah Anda bisa naik.

Secara umum, Anda sebaiknya menghindari atau meminimalkan asupan minuman manis dan makanan yang diproses dan tinggi karbohidrat dan lemak tidak sehat, serta rendah nutrisi sehat.

Misalnya, brownies mungkin memiliki karbohidrat sebanyak pisang, tetapi pisang lebih menyehatkan karena mengandung serat, kalium, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda. Sementara brownies tidak memiliki manfaat tersebut.

Jika Anda menderita diabetes atau pernah diberi tahu bahwa Anda memiliki kadar gula darah tinggi, bicarakan dengan dokter atau ahli diet Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk makan lebih cerdas dan lebih sehat. @fen/sumber: tribunjogja.com/healthline

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SELEB: Pesan Menohok Nikita Mirzani untuk Sang Pengacara

Sel Jun 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Artis sensasional Nikita Mirzani memberikan pesan menohok untuk seterunya, pengacara Indra Tarigan. Dia mengingatkan Indra untuk fokus menjalani proses hukum. Ini setelah Indra resmi dijadikan tersangka atas kasus yang dilaporkan Nikita Mirzani. Indra dipolisikan setelah Nikita mendapati foto anak sulungnya, Lolly, diunggah dengan kata-kata tidak pantas. Teruntuk : […]