SEHAT: Kebiasaan Bangun Pagi Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Editor :
Psikolog mengungkapkan bahwa kebiasaan bangun pagi memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mental./istockphoto/peopleImages/via cnn indonesia/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sebagian orang mungkin tidak menyukai bangun pagi, terlebih saat hari libur. Memanjakan diri untuk berlama-lama di atas kasur memang menyenangkan, tapi tak ada salahnya untuk bangun pagi dan memulai aktivitas lebih awal.

Pasalnya, kebiasaan bangun pagi memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mental.

Psikolog anak dan remaja Saskhya Aulia Prima menuturkan manfaat dari bangun pagi, yakni membuat fisik dan mental lebih sehat sehingga risiko depresi menurun, menciptakan pola pikir yang lebih positif serta dapat mengatur emosi secara lebih baik.

“Mindset positif membuat seseorang jadi optimistis, manajemen emosi lebih baik meningkatkan kemampuan sosial, orang jadi lebih asertif,” katanya, seperti dikutip CNN Indonesia dari Antara.

Lebih lanjut, Saskhya mengatakan bahwa etika seseorang terbiasa untuk punya rutinitas sejak pagi, dia akan memiliki waktu tenang untuk diri sendiri karena ada waktu luang sebelum memulai aktivitas seperti bekerja dari rumah.

Kebiasaan bangun pagi juga memudahkan perencanaan dan persiapan hari sehingga beragam tugas bisa diselesaikan karena Anda sudah memikirkan alokasi waktu untuk setiap kegiatan.

Dengan demikian, produktivitas juga tetap terjaga dan emosi menjadi lebih stabil karena hati lebih tenang berkat perencanaan yang lebih matang.

Selain itu, rutinitas pagi dibutuhkan untuk membangun kebiasaan yang sehat. Namun, bukan berarti Anda harus langsung bekerja ketika membuka mata di pagi hari.

Setidaknya segera beranjak dari tempat tidur ketika alarm berbunyi dan jangan berlama-lama memperpanjang alarm (snoozing).

Saskhya menyarankan untuk melakukan kegiatan yang membantu ketenangan diri pada pagi hari, seperti beribadah atau bermeditasi.

Olahraga ringan atau kegiatan yang membutuhkan gerak tubuh juga bisa jadi agenda harian yang cocok setelah bangun tidur. Anda pun bisa membaca beberapa lembar buku, journaling serta mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.

Baca Juga :  H. Eep: PPKM jangan Dibuat Panik, Jadikan untuk Mempertebal Iman dan Taqwa

“Biasakan bangun di jam yang sama setiap hari dan merencanakan hari dari sehari sebelumnya,” jelas dia.

Dengan membuat perencanaan, Anda tidak perlu kelabakan dan tergesa-gesa saat memulai hari. Dia tidak menyarankan untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda terburu-buru dan dikejar target, atau langsung berkutat dengan gawai demi pagi yang lebih nyaman dan damai. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bareskrim Kesulitan Tangkap Jozeph Paul Zhang di Luar Negeri

Kam Jun 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri belum menemukan titik terang untuk menangkap tersangka dugaan kasus penodaan agama, Jozeph Paul Zhang yang diduga berada di luar negeri. Kabareskrim Polri, Komisaris Jenderal Agus Andrianto mengatakan pihaknya masih menunggu proses hukum di Interpol dan upaya pengejaran dari jalur diplomasi antarnegara. “Kami menunggu […]