SEHAT: Manfaat Minum Air dalam Jumlah Cukup

Editor Ilustrasi minum air./shutterstock/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Tubuh manusia terdiri lebih dari 60 persen air, yang mana semua organ tubuh terbuat dari air. Paru-paru terbuat dari sekitar 85 persen air, otot dan ginjal terdiri dari 79 persen air, otak dan jantung 73 persen air dan tulang 32 persen air.

Karena itu, minum air dalam jumlah yang tepat sangat membantu meningkatkan keteraturan buang air besar, mengatasi migrain, dan bisa mencegah terjadinya penyakit jika Anda minum air dalam jumlah cukup setiap hari.

Melansir Suara.com dari Bright Side, Anda akan merasakan 5 manfaat kesehatan pada tubuh ketika minum air dalam jumlah tepat.

1. Sendi lebih terlumasi

Tulang rawan yang ditemukan di cakram tulang belakang dan persendian yang membuat gerakan tulang-tulang lebih halus, terdiri dari 80 persen air. Karena itu, tidak minum air dalam jumlah cukup bisa mengurangi kemampuan menyerap goncangan sendi dan menyebabkan nyeri sendi.

Asupan jumlah air yang cukup per hari bisa membantu tubuh melarutkan racun yang bisa menyerang sendi.

2. Mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal

Ginjal bertanggung jawab untuk pembuangan limbah dari darah. Jika Anda tidak minum air dalam jumlah cukup, urine yang tertahan di kandung kemih dengan asam bisa menumpuk dan menyumbat ginjal dengan protein myoglobin. Sedangkan, infeksi saluran kemih bisa disebabkan oleh dehidrasi.

3. Jantung bekerja lebih baik

Saat Anda minum air dalam jumlah cukup, jantung Anda tidak harus bekerja keras. Karena, dehidrasi ringan bisa menyebabkan berkurangnya jumlah darah dalam tubuh yang meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah Anda pada waktu yang sama.

4. Jarang sakit kepala

Baca Juga :  Persib Siap Menerkam, PSS Sleman Tak Gentar!

Sebuah Penelitian pada 102 pria menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 liter air setiap hari menghasilkan peningkatan pada MSQOL (skala Kualitas Hidup Spesifik Migrain), sistem penilaian gejala migrain. Sebanyak 47 persen responden yang minum air lebih baik mengaku lebih jarang sakit kepala.

5. Mengurangi kelelahan

Tingkat hidrasi memiliki dampak besar pada otak kita. Karena, dehidrasi ringan, seperti kurang minum air dari setengah jumlah air yang dibutuhkan per hari bisa mengganggu beberapa aspek fungsi otak.

Menurut sebuah Penelitian, kehilangan cairan sebesar 1,4 persen wanita bisa mengganggu konsentrasi dan suasana hati. Pada pria, kehilangan cairan sebesar 1,6 persen bisa berdampak pada memori yang menyebabkan kecemasan dan kelelahan. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kisruh Musda Golkar di Bekasi, Rahmat Sulaeman, "Tidak Ada Perintah dari DPD Jabar untuk Musda Tandingan"

Ming Okt 31 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat Drs. H. Rahmat Sulaeman mengatakan bahwa dalam melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda), tim yang ditunjuk menjalankan tugas sesuai anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai. “Jadi tidak benar DPD Partai Golkar Jawa Barat […]