SEHAT: Pikiran Rileks Baik untuk Kesehatan Fisik

Editor Pikiran rileks baik untuk kesehatan fisik./tribunnews/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Masa pandemi bukan situasi yang mudah bagi sebagian orang. Sebab, segala aktivitas serba terbatas. Bahkan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan. Tak menutup kemungkinan hal tersebut memicu stres . Bahkan depresi .

Karenanya, menurut Ketua Umum Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia (AHKI), Dr. Dr. Adi W Gunawan , ST., MPd., CCH, rileks itu penting dilakukan agar lebih sehat.

Rileksi dapat mengurangi stres akibat tekanan yang diberikan selama pandemi Covid-19.

“Kalau taraf ringan itu bagus untuk bertumbuh. Karena memacu untuk beradaptasi dan memecahkan masalah. Hanya, kalau stres berat akab berakibat pada sistem tubuh,” ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM, dikutip Tribunnews, Rabu (16/6/2021).

Saat stres, tubuh memproduksi kortisol dan adrenalin. Hormon tersebut dilepaskan sehingga organ hati menghasilkan lebih banyak gula dalam darah (glukosa) untuk memberi energi pada tubuh.

Tidak mengapa jika hormon tersebut tidak diproduksi secara berlebihan.
Namun jika berlebihan, jantung dapat berdetak lebih cepat sehingga membuat pembuluh darah yang menuju ke otot besar dan jantung melebar.

Jangka panjangnya dapat menyebabkan hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

Karenanya, menurut Adi, rileks amat dibutuhkan. Sebab dapat menjaga kesehatan fisik dengan menurunkan laju napas, jantung, dan tekanan darah.
Selain itu juga dapat memperbaiki fungsi pencernaan, menurunkan kadar hormon stres dalam darah, serta mengurangi ketegangan dan nyeri otot.

Agar proses rileksasi berhasil menurut adalah menargetkan fisik untuk pertama kali. Menurut pemaparannya, ketika fisik telah rileks, maka pikiran pun turut menyertainya.

“Pikiran dan fisik saling terhubung. Pertama yang ditargetkan menenangkan fisik. Karena lebih murah menenangkan fisik karena lebih real dan bisa disentuh. Kalau fisik rileks, pikiran ikut rileks,” katanya lagi. @fen

Baca Juga :  Hari ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Sebagai Kapolri

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KIPRAH: Maissy 'Ci Luk Ba' dan Cerita Horor RS Kala Lonjakan Pandemi

Kam Jun 17 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Mantan penyanyi cilik Maissy Pramaisshela mengungkapkan situasi rumah sakit kala pandemi Covid-19 kembali melonjak pasca -Lebaran 2021. Maissy kini mengabdikan dirinya sebagai seorang dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Nama Maissy pernah bersinar sebagai penyanyi cilik. Lagunya yang cukup terkenal di era 1990-an […]