SEHAT: Waspada, Virus Corona Bisa Tembus Lapisan Retina

Editor Ilustrasi virus corona./pixabay/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Peneliti dari Brasil telah menemukan bukti bahwa partikel virus SARS-CoV-2 dapat menembus berbagai lapisan retina mata. Ini artinya, virus bisa menyebabkan masalah pada mata dengan menyerang retina.

Dalam studi yang dipublikasikan di JAMA Network, para peneliti mempresentasikan kasus tiga pasien, terdiri dari 2 pria dan seorang wanita, yang meninggal karena Covid-19. Semua pasien dirawat secara intensif di ruang ICU, dan menggunakan alat ventilasi mekanis. Usia saat kematian berkisar antara 69 hingga 78 tahun.

Untuk mendeteksi jejak virus SARS-CoV-2 di retina, tim melakukan reaksi berantai polimerase terbalik (RT-PCR) dan metode imunologis secara real-time.

Pada tiga pasien, protein S dan N Covid-19 terdeteksi oleh mikroskop imunofluoresensi di dalam sel endotel yang dekat dengan pembuluh kapiler dan sel-sel lapisan inti.

Peneliti dari National Institute of Science and Technology for Structural Biology and Bioimaging (INBEB) Brasil, Carlla A Araujo Silva, mengatakan bahwa dari temuan studi diketahui bahwa Covid-19 diduga terkait dengan kelainan atau masalah pada mata.

Perubahan retina juga diduga terkait dengan perubahan mikrovaskuler dan imunologi sekunder.

“Sekarang jelas bahwa setelah infeksi awal pada sistem pernapasan, virus dapat menyebar ke seluruh tubuh, mencapai jaringan dan organ yang berbeda. Studi menunjukkan bahwa mata mungkin terlibat dalam infeksi Covid-19, dan sudah banyak laporan tentang ini,” kata Araujo-Silva seperti dilansir Republika.co.id dari International Business Times, Selasa (3/8/2021).

Namun, studi ini masih masih memiliki kekurangan karena hanya melibatkan kasus dalam jumlah kecil. Namun temuan ini dapat membantu menjelaskan mekanisme patofisiologi virus, yang memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang penyakit serta dapat mengarahkan penelitian lanjutan di kemudian hari. @fen

Baca Juga :  Dari Seniman hingga Aktivis Sampaikan Asa dan Doa untuk Yana

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KIPRAH: Gaya Apriyani Rahayu, Peraih Medali Emas Bulutangkis Olimpiade, di Luar Lapangan

Rab Agu 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu baru saja membuat masyarakat Indonesia geger dan bangga. Apriyani bersama Greysia Polii berhasil merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020, mengalahkan ganda putri China, Chen Qingchen dan Jia Yifan, pada pertandingan final di hari Senin (2/8). Prestasi Apriyani tentu membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga. […]