Sejuta Khasiat Daun Sukun yang Perlu Anda Ketahui

Editor Daun sukun kering dan air rebusannya. /visi.news/dok
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Sukun atau breadfruit adalah tanaman tropis yang buahnya sering dimanfaatkan sebagai makanan. Selain buahnya, daun sukun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun sukun mengandung berbagai senyawa alami yang memiliki efek antioksidan, antiradang, antidiabetes, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa khasiat daun sukun yang perlu Anda ketahui:

– Menurunkan kadar kolesterol. Daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL¹². Anda dapat menyeduh daun sukun yang telah dikeringkan dengan air panas dan meminumnya secara rutin.
– Membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Daun sukun dapat menurunkan tekanan darah dengan menghambat saluran alfa-adrenoseptor dan ion kalsium dalam otot pembuluh darah¹. Anda dapat merebus daun sukun yang sudah tua dengan air dan meminum air rebusannya.
– Menjaga kesehatan jantung. Daun sukun dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat stres oksidatif dan inflamasi². Daun sukun juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan menghambat aktivitas enzim topoisomerase⁴.
– Mengatasi asam urat. Daun sukun dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah dengan cara meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine². Anda dapat menyeduh daun sukun dengan air mendidih dan menambahkan gula atau madu untuk menghilangkan rasa pahitnya.
– Membantu mengobati penyakit batu ginjal. Daun sukun dapat menghancurkan batu ginjal yang terbentuk dari Ca-oksalat dengan cara melarutkannya dan mengeluarkannya melalui urine². Daun sukun juga dapat mengurangi kandungan protein dalam urine dan menghilangkan pembengkakan pada ginjal³.
– Menurunkan kadar gula darah. Daun sukun mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan resistensi insulin². Daun sukun juga dapat menghambat aktivitas enzim alfa-glukosidase yang bertanggung jawab atas penyerapan gula dari usus⁵.
– Mengobati sakit maag. Daun sukun mengandung kalium yang dapat menstabilkan keadaan asam lambung dan mencegah iritasi pada lambung². Anda dapat merebus daun sukun dengan air dan meminumnya saat perut kosong.

Baca Juga :  Arab Saudi Umumkan Tawaran jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Itulah sejuta khasiat daun sukun yang perlu Anda ketahui. Daun sukun dapat menjadi alternatif pengobatan herbal yang aman dan murah. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun sukun, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan dosis dan cara penggunaan daun sukun agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dzikir Ini Sebaiknya Sering Didawamkan untuk Kelancaran Pekerjaan

Sel Jan 30 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Dzikir adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Dengan berdzikir, kita dapat mengingat Allah dalam setiap keadaan dan memohon pertolongan-Nya. Dzikir juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mendapatkan kelancaran pekerjaan. Ada banyak kisah inspiratif yang menunjukkan kekuatan dzikir […]