Selain Salurkan Donasi, Komunitas Jeep Kanibal Juga Menjadi Tim Medis dan Relawan Longsor Cimanggung

Editor :


Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Komunitas mobil Jeep yang tergabung dalam Katana Jimny Brother Land (Kanibal) Indonesia menyalurkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan kepada korban longsor yang terjadi di Perumahan Pondok Daud, Kp. Bojong Kondang, RT 03/RW 10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021) lalu.

Kustian, salah satu pengurus Kanibal mengatakan, donasi bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian dari Kanibal untuk para korban longsor.

“Kami ingin berbuat dengan cara membantu meringankan beban para korban longsor. Setidaknya, bantuan ini yang hanya bisa kami berikan,” jelas Kustian kepada VISI.NEWS, saat ditemui di Sekre Kanibal di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021) malam.

Mang Ukuy, sapaan akrabnya, menambahkan bentuk donasi yang disalurkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, berdasar pada survey anggota Kanibal yang siaga di lokasi, di antaranya mie instan, susu, gula, shampo, pasta gigi, popok bayi, kayu putih, tablet vitamin C, sabun, dan lain sebagainya.

“Selain bahan pokok, kami juga mendonasikan sejumlah uang. Pemberian donasi langsung diberikan kepada Koordinator Posko,” imbuhnya.

Lebih jauh Mang Ukuy menjelaskan, bentuk kepedulian pada korban longsor bukan hanya dalam bentuk makanan, obat-obatan, dan materi saja. Sebagian anggota Kanibal ada juga yang menjadi Tim Medis dan Relawan dalam pencarian korban longsor, mengingat para anggotanya berasal dari berbagai kalangan dengan berbagai macam profesi.

“Anggota yang tergabung dalam komunitas Jeep Kanibal ada yang berprofesi Tim Medis, Dokter dan Perawat, anggota TNI dan Polri, PNS, dan Wartawan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Jeep Kanibal, Ade Kartika, menambahkan bahwa penyaluran donasi ini merupakan tahap pertama. “Insyaa Allah akan ada penyaluran selanjutnya. Uang ada terkumpul, langsung disalurkan. Ini kan amanah dari rekan-rekan komunitas dari beberapa wilayah, khususnya di Jawa Barat,” ucapnya.

Komunitas Jeep Kanibal, yang terdaftar dalam wadah resmi Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Indonesia Offroad Federation (IOF) Jawa Barat ini, ada Unit Kanibal Rescue. Di mana, ungkap Ade, sebagian para anggotanya merupakan relawan terlatih yang terbiasa ikut andil dalam penanganan bencana.

“Ketika ada kejadian bencana longsor atau banjir, Kanibal selalu hadir membantu, baik secara relawan maupun tim lainnya, seperti membawa logistik bagi para korban bencana. Jika dibutuhkan, Kanibal Rescue siap hadir untuk membantu,” pungkasnya. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menjaga Lingkungan Kang DS Lakukan Penanaman Pohon dan Sebar Benih Ikan

Rab Jan 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Didampingi Pj. Sekda Pemkab Bandung, A. Tisna Umaran, Bupati Bandung terpilih, Dadang Supriatna (Kang DS), beserta Gunernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil, Dandim 0624, Letkol Donny Ismuali Bainuri, dan Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan, melakukan kegiatan penanaman pohon dan penyebaran benih ikan di oxbow Bojongsoang. Kang […]