Selama 2021, Ragam Program Dompet Dhuafa Melalui DBPM Mencapai 70.747 Jiwa Penerima Manfaat

Editor Ustaz Ahmad Shonhaji, Direktur Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat (DBPM) Dompet Dhuafa saat pemaparannya dalam agenda Indonesian Human Summit 2022. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA– Mengentaskan kemiskinan ditengah pandemi menjadi salah satu fokus utama dari Dompet Dhuafa. Melalui program Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat (DBPM) Dompet Dhuafa menjadi salah satu strategi untuk mengangkat martabat kaum dhuafa dengan pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, maupun pelayanan sosial kemasyarakatan dalam memutus mata rantai kemiskinan.

“Terdapat 4 (empat) program penyaluran ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) DBPM yakni layanan Dikbudling (pendidikan, budaya dan lingkungan), layanan kesehatan, layanan sosial dan layanan kemanusiaan, dengan sub-program seperti beasiswa, persekolahan, kesehatan marjinal, pembelaan akses dan kepedulian, layanan mustahik, yatim tangguh, barzah (badan pemusalaran jenazah), dapur keliling, keluarga mandiri, BRP+BSL, Pondok Jiwa Sehat hingga Shelter Sehati tanggap darurat, respons dan recovery, mitigasi bencana dan kesiapsiagaan. Seluruh penyaluran dari sub-program mensasar penerima manfaat dengan beragam kriteria korban dari tragedi sosial dan masyarakat yang terkena dampak sosial yaitu fakir miskin dan masyarakat terlantar serta menguatkan melalui dakwah berbasis budaya masyarakat,” ucap Ustaz Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat (DBPM) Dompet Dhuafa saat pemaparannya dalam agenda Indonesian Human Summit 2022.

Kolaborasi dan sinergi terus dibangun untuk memperluas manfaat dan mendukung capaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) pemerintah. Tercatat pada tahun 2021 lalu, jumlah penerima manfaat yang dibantu sebanyak 70.747 jiwa layanan serta layanan mustahik 4.122 jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ragam program layanan terus digulirkan oleh DBPM Dompet Dhuafa. Pada Layanan Kesehatan, DBPM Dompet Dhuafa telah menggulirkan Layanan seperti Kesehatan Marjinal, Pembelaan Akses dan Kepedulian Kesehatan, serta Pemberdayaan Kesehatan pada 11 Provinsi. DBPM Dompet Dhuafa juga, menggulirkan pada program Layanan Sosial seperti Layanan Mustahik, Yatim Tangguh, BARZAH, Dapur Keliling, Keluarga Mandiri, BRP dan BSL, Pondok Jiwa Sehat, dan Shelter Sehati. Pada Program Dakwah, DBPM menggulirkan Program Dakwah seperti Dakwah di Indonesia,Dakwah Mancanegara, dan Dakwah Mualaf.

Baca Juga :  Telat Penyaluran Bansos, Komisi VIII DPR RI Segera Panggil Himbara

“Dompet Dhuafa selalu menjaga komitmen untuk terus melayani darurat kemiskinan, memberikan akses bagi layanan kesehatan dan pendidikan, serta menguatkan dakwah berbasis budaya masyarakat,” tambah Ustaz Ahmad Shonhaji.

Sebagai salah satu Program Dompet Dhuafa dalam bidang sosial, DBPM berusaha melaksanakan setiap program melalui strategi khusus, yakni menjemput layanan. Pada Layanan Dikbudling, DBPM Dompet Dhuafa telah menggulirkan Program Beasiswa, Persekolahan, keguruan, Vokasi, Literasi, Pendidikan Fungsional, Budaya, dan Lingkungan. Sehingga, akan diperoleh mustahik-mustahik baru dan penyebaran kebaikan program pemberdayaan bisa lebih merata.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

GBS dan Media OutReach Mengembangkan Kemitraan Konten Berita di Vietnam

Ming Jan 16 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | VIETNAM – Media OutReach Newswire dan GBS telah mengembangkan kemitraan konten berita mereka lebih lanjut untuk memperkaya aset media GBS dengan menyediakan perilisan berita bisnis korporasi dalam hubungannya dengan peluncuran 3 situs berita media mereka di Vietnam: Inside Out, media yang berfokus pada Berita Umum The Global […]