Selama Masa Pandemi MUI Paling Produktif Keluarkan Fatwa

Editor Gedung MUI pusat. ./dok./net.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menyebut, selama masa pandemi Covid-19 merupakan periode paling produktif MUI dalam mengeluarkan Fatwa. Sebab, banyaknya permasalahan sehingga banyak fatwa yang harus diputuskan.

Hal itu dikatakan KH Cholil Nafis dalam keynote speaker gelaran Webinar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan MUI Sulawesi Selatan bertema Bangkit dari Covid-19 dengan Nalar dan Aksi Bersama Berlandaskan Nilai-nilai Islam dan Fatwa MUI, Sabtu (30/10/2021).

Kiai Cholil menjelaskan, setidaknya ada 12 fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI mengenai Covid-19. Dia mengungkapkan, fatwa MUI mengenai Covid-19 merupakan yang paling banyak dalam satu masalah.

‘‘Karena masalahnya banyak sehingga banyak fatwa harus diputuskan MUI. Mulai bagaimana cara ibadah, penanganan jenazah dan penguburan, hingga cara ibadah Nakes,’’ ungkapnya.

Kata Pengasuh Ponpes Cendekia Amanah, Depok, Jawa Barat, meski di tengah masyarakat yang masih terbelah dua soal Covid-19 dan vaksinasi, tapi tidak ada penolakan secara signifikan.

‘’Padahal vaksin itu upaya mencegah sesuatu musibah. Dalam Islam menangkal lebih baik,’’ pungkasnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan MUI Sulawesi Selatan menggelar Webinar bertema Bangkit dari Covid-19 dengan Nalar dan Aksi Bersama Berlandaskan Nilai-nilai Islam dan Fatwa MUI.

Kegiatan webinar ini merupakan hasil kerja sama antara MUI dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk penanggulangan Covid-19 dan dampaknya.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai pembicara yaitu Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat KH Zubaidi, Ketua MUI Maluku Utara KH Samlahi Ahmad, serta perwakilan dari Kominfo.

Selain Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menjadi keynote speaker dalam webinar ini juga acara dimoderatori oleh Sekertaris Komisi Dakwah MUI Pusat, Dr Chanra Krisnajaya, dan Ketua Komisi Infokom MUI Sulsel, Dr Firdaus Ramadhan.

Baca Juga :  KPU Kabupaten Tasikmalaya Tetapkan Ade-Cecep Bupati-Wakil Bupati Trpilih

Dalam sambutanya, Ketua MUI Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Najamuddin mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membangkitkan semangat penanganan Covid-19.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) demi mencegah penularan Covid-19, dan mengajak para dai untuk mendorong kesadaran masyarakat.

‘’MUI mengimbau masyarakat tetap waspada dan menerapkan prokes. Dan mengajak seluruh dai untuk mendorong ikhtiar membangun kesadaran masyarakat sebagai tanggung jawab bersama mengantisipasi agar tidak terjadi lagi ledakan pandemic,’’ ujarnya. @fen/mui.or.id

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kronologis Penetapan Musda V DPD Golkar Kota Bekasi

Sen Nov 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Musyawarah Daerah (Musda) DPD Golkar Kota Bekasi telah selesai digelar dengan terpilihnya Ketua DPD Golkar Kota Bekasi Ade Puspitasari. Baca juga Kisruh Musda Golkar di Bekasi, Rahmat Sulaeman, “Tidak Ada Perintah dari DPD Jabar untuk Musda Tandingan” Beberapa hal untuk sebagai informasi kronologis pelaksanaan Musda […]