Semarak Hari Santri, Kemenag akan Gelar Pekan Budaya dan Pameran Seni Pendidikan Al-Quran

Editor Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur./via kemenag.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | YOGYAKARTA – Kementerian Agama akan menggelar Pekan Seni Budaya dan Pameran Seni Pendidikan Al-Quran.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Ditjen Pendidikan Islam Waryono Abdul Ghafur mengatakan,  giat ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan mutu sekaligus revitalisasi pendidikan Al-Quran.

“Pekan Seni Budaya dan Pameran Seni Pendidikan Al-Quran akan digelar bulan depan sebagai rangkaian kegiatan Hari Santri,” ujarnya dalam Rapat Persiapan Pekan Seni Budaya dan Pameran Seni Pendidikan Al-Quran di Yogyakarta, Kamis (01/09/2022), dilansir dari laman resmi Kemenag RI.

Waryono mengungkapkan bahwa kegiatan ini baru pertama kali digelar. Karenanya, even tahun ini menjadi piloting project dalam mengenalkan berbagai hal terkait pendidikan Al-Quran di Indonesia, termasuk kekayaan khazanah budaya dan seni pendidikannya, kepada masyarakat Internasional.

“Pekan Seni Budaya dan Pameran Seni Pendidikan Al-Quran dapat menjadi teladan, percontohan bagi pengelolaan Lembaga Pendidikan Al-Quran yang berstandarisasi professional yang nantinya menjadi rujukan dan diharapkan berdampak bagi kemajuan Pendidikan Al-Quran di Indonesia,” ujar Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Waryono berharap kegiatan ini dapat memperkaya referensi masyarakat luas tentang inovasi pendidikan Al-Quran. Sehingga, giat ini diharapkan mampu membentuk masyarakat yang mencintai Al-Quran.

Kepala Sub Direktorat Pendidikan Al-Quran, Mahrus menambahkan, selain Kanwil Kemenag Yogyakarta sebagai tuan rumah, Pekan Seni Budaya dan Pameran Seni Pendidikan Al-Quran juga akan melibatkan sejumlah Kantor Wilayah Kemenag lainnya. Ikut terlibat juga dalam giat ini, beberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang memiliki jurusan atau program studi rumpun ilmu Al-Quran.

“Kita llibatkan Unsiq, IIQ, dan juga beberapa Pondok Pesantren, khususnya Pondok Pesantren Al-Munawir Krapyak sebagai tuan rumah,” ungkapnya. @fen

Baca Juga :  Baznas RI dan Bayt Zakat Mesir Sepakat Perkuat Kerja Sama

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Menag Yaqut: Sukses Haji 2022 Jadi Tolok Ukur, ke Depan Harus Banyak Inovasi

Sab Sep 3 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BATAM – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak jajarannya dan pihak terkait lainnya untuk menyiapkan penyelenggaraan haji tahun 2023 sebaik mungkin. Menurut Menag, tantangan haji ke depan diyakini semakin tidak ringan. Selain jumlah jemaah yang harus dilayani berpotensi bertambah, penyelenggaraan haji mendatang juga harus bisa responsif […]