Sembilan Figur Ini Siap Maju dalam Pilkada Serentak 2024 di Jawa Barat

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Jawa Barat menjanjikan persaingan yang sengit dengan munculnya sembilan tokoh politik yang siap bertarung untuk kursi Gubernur. Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ini akan menggelar pemungutan suara pada 27 November 2024.

Profil Singkat Calon 

  1. Ridwan Kamil, Mantan Gubernur Jawa Barat, memberikan sinyal kuat untuk kembali bertarung dalam Pilkada Jawa Barat 2024. “Koalisi belum pasti, karena pemilihan wakil tergantung pada koalisi,” ujar Ridwan Kamil.
  2. Bima Arya Bima Arya Sugiarto, jebolan HI Unpar Bandung yang mantan Wali Kota Bogor ini baru saja mendeklarasikan diri maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Salah satu deklarator PAN pada tahun 1998 ini, sarat pengalaman sebagai politisi dan birokrat. Ia akan mengedepankan pemerintahan yang bersih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.
  3. Uu Ruzhanul Ulum, Mantan Wakil Gubernur Jabar periode 2018-2023, menyatakan, “Siap dengan siapa pun jika ditugaskan. Termasuk dengan Desy, tergantung partai yang mendukung. Karena jika partai tidak mendukung, tidak ada pilihan. Jadi, saya siap dengan Desy atau siapa pun,” ungkap Uu .
  4. Dedi Mulyadi dari Partai Gerindra baru melakukan pertemuan dengan Ketya PDIP Jawa Barat Ono Surono untuk membahas kesiapannya maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Ia berkata, “Siap jika diperintahkan oleh Pak Sekjen, Ketua Umum Gerindra. Semua tergantung perintah. Jika diperintahkan, saya siap,” tandasnya.
  5. Mochamad Iriawan (Iwan Bule) mengklaim banyak dukungan untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada Serentak 2024, “Bismillah, saya siap maju dalam Pilgub Jabar 2024, sebagai calon gubernur bukan calon wakil gubernur,” ungkapnya.
  6. Ono Surono, Ketua DPD PDIP Jawa Barat, matang pengalaman sebagai politisi dari partai berlambang banteng dengan moncong putih. Dia menyatakan kesiapannya untuk maju jika diberi mandat oleh partainya.
  7. Saan Mustopa, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, dikonfirmasi oleh Partai NasDem untuk diusung dalam Pilgub Jawa Barat 2024¹.
  8. Dede Yusup Macan Effendi diusung oleh Partai Demokrat sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Ia mantan Wakil Gubernur Jawa Barat dengan Ahmad Heryawan sebagai Gubernurnya, juga menjadi peraih suara terbanyak kedua dari dapil Jabar II untuk DPR RI pada Pemilu 2024.
  9. Desy Ratnasari dari PAN, dikenal sebagai artis sekaligus politikus, telah diusung oleh PAN sebagai calon Gubernur Jawa Barat.
Baca Juga :  Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63, Kejari Purwakarta Gelar Lomba Masak Nasgor Bersama Forkopimda

Para kandidat dan partai politik sedang mempersiapkan diri dengan pembentukan tim kampanye hingga strategi pemenangan. Masyarakat Jawa Barat diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak untuk menentukan masa depan provinsi ini.

Dengan semakin banyaknya tokoh yang mengumumkan kesiapan mereka, Pilkada Serentak 2024 di Jawa Barat diprediksi akan menjadi ajang demokrasi yang sehat dan kompetitif. Mari kita nantikan perkembangan selanjutnya dari kontestasi politik ini.

@mp alam

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Sampaikan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di PEVS 2024

Sab Mei 4 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA -Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengunjungi Booth PT PLN (Persero) dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di JIExpo Kemayoran Jakarta pada Jumat (3/5/2024). Menyambut Presiden secara langsung, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan kesiapan PLN mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik/electric vehicle (EV) di tanah […]