Sempat Duel dengan Pemilik Motor, Pelaku Curanmor Dikepung Ratusan Warga

Editor Pelaku curanmor NA warga Bayongbong diamankan di Mapolsek Tarogong./visi.news/zaahwan aries
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Suasana menegangkan terjadi saat ratusan warga dari dua desa melakukan pengepungan terhadap seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan Desa Kersamenak, Kecamatan Tarogongkidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sebelumnya, pelaku sempat terlibat duel dengan pemilik sepeda motor yang hendak dicurinya.

Ratusan warga yang melakukan pengepungan terhadap pelaku curanmor berasal dari tujuh kampung yang tersebar di dua desa yang ada di sekitar lokasi kejadian. Informasi adanya pelaku curanmor yang bersembunyi di area persawahan dengan cepat menyebar sehingga ratusan warga pun berbondong-bondong ke lokasi.

Hal ini sempat menimbulkan kekhawatiran para tokoh masyarakat karena keberadaan ratusan warga itu sangat rentan terhadap adanya aksi main hakim sendiri apabila pelaku curanmor sampai ketangkap. Maka, beberapa tokoh masyarakat pun memutuskan untuk langsung melaporkan hal itu ke pihjak kepolisian.

“Banyak sekali warga yang ikut melakukan pengepungan terhadap pelaku curanmor yang tengah sembunyi di area persawahan tadi malam. Kami bahkan sempat khawatir dengan keselamtan pelaku karena bisa-bisa menjadi sasaran amuk massa,” ujar saksi mata, Rihman Rodian (32) warga sekitar Kersamenak.

Dikatakan, pada awalnya ada dua orang tak dikenal yang mau melakukan pencurian terhadap sepeda motor milik warga bernama Hendra. Namun pemilik motor berhasil mengetahui aksi yang tengah dilakukan dua pelaku sehingga ia berusaha mengejarnya.

Kedua pelaku pun, tutur Rihman, berusaha melarikan diri. Akan tetapi, Hendra terus melakukan pengejaran hingga akhirnya salah seorang pelaku berhasil dikejar karena tak bisa lagi berlari. Kemudian keduanya terlibat perkelahian.

Ketika itulah, warga mulai berdatangan ke lokasi sehinga pelaku yang sedang terlibat perkelahian dengan pemilik sepeda motor memutuskan kabur. Namun, karena di sekitar lokasi sebagian besar merupakan lahan persawahan, pelaku pun berlari dan bersembunyi di area persawahan.

Baca Juga :  ASN Setda dan Disparbud Kabupaten Bandung Bagikan 153 Paket Sembako

“Warga pun langsung melakukan pencarian dan pengepungan di area persawahan dengan menggunakan lampu santer di HP-nya masing-masing. Kian lama, jumlah warga terus bertambah hingga mencapai ratusan orang,” katanya.

Setelah dilakukan pencarian hingga sekitar satu jam, tambah Rihman, pelaku akhirnya berhasil ditemukan. Pelaku saat itu sempat menjadi sasaran kemarahan warga yang kesal karena di daerah itu sudah cukup sering terjadi aksi curanmor.

Namun beruntung di tengah kondisi yang genting seperti itu, sejumlah petugas dari Polsek Tarogongkidul tiba di lokasi dan langsung mengamankan pelaku.

Panit Reskrim Polsek Tarogongkidul, Ipda Wahyono Aji membenarkan adanya upaya curanmor yang dilakukan dua pelaku di kawasan Desa Kersamenak, Kecamatan Tarogongkidul. Namun, aksi tersebut berhasil digagalkan karena pemilik sepeda motor yang akan dicuri keburu mengetahuinya.

“Sempat terjadi duel antara salah seorang pelaku dengan pemilik sepeda motor sebelum akhirnya pelaku kabur dan bersembunyi di area persawahan karena melihat banyak warga yang berdatangan. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (23/6) malam lalu ,” ucap Aji di Mapolsek Tarogong, Kamis (25/6).

Dikatakannya, warga yang kesal terhadap pelaku, sempat melampiaskan kemarahannya dengan memukuli pelaku. Beruntung sebelum terjadi aksi massa lebih parah, petugas keburu tiba di lokasi dan langsung mengamnakan pelaku ke Mapolsek Tarogongkidul.

Aji menerangkan, pelaku yang berhasil diamankan berinisial NA (25) yang merupakan warga Kecamatan Bayongbong. Saat ini pihaknya tengah mengembangkan penyelidikan termasuk melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya yang sebelumnya berhasil melarikan diri dan identitasnya sudah dikantongi petugas.

“Dari hasil pemeriksaan awal, terungkap bahwa pelaku NA mencuri motor korban dengan cara merusak kunci kontak motor menggunakan astag. Motor yang dicuri adalah Yamaha Vega milik korban atas nama Hendra (31), warga Kampung Nangewer, Desa Kersamenak, Kecamatan Tarogongkidul,” ujar Ali. @zhr

Baca Juga :  KPK Ungkap 184 Anggota DPRD Terjerat Korupsi

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kunjungan Kerja Presiden dalam AKB, Begini Kata Kepala Sekretariat Presiden RI

Kam Jun 25 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS,  -Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Jawa Timur Kamis, (25/6/2020), adalah yang pertama kali dilakukan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Kepala Sekretariat Presiden RI, Heru Budi Hartono, memastikan,pihaknya telah melakukan persiapan khusus dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Heru, dalam siaran pers Biro Pers Media dan Informasi […]