Seorang Dokter Muda Mendapat Sanjungan Bupati Purwakarta, Ada Apa?

Editor Ambu Anne dan dr. Muhammad Akmal Rais. /visi.news/dadang ramdhani
Silahkan bagikan

VISI.NEWS |PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri Grand Launching Pendopo Coffee Purwakarta yang berlokasi di belakang RSU Asri Purwakarta, Rabu (5/7/2023).

Dalam sambutannya, Ambu Anne, panggilan akrab bupati, mengapresiasi owner Pendopo Coffee Purwakarta yang merupakan seorang dokter muda.

“Kang Akmal (owner Pendopo Coffee, Red) ini hebat. Masih muda sudah bertitel dokter sekaligus menjalankan bisnis yang salah satunya adalah Pendopo Coffee ini,” kata Ambu Anne.

Terlebih, sambungnya, konsep kedai kopi yang ditawarkannya pun sangat menarik. Berupa bangunan pendopo di tengah taman yang cukup luas dengan meja kursi yang ditata dengan rapi.

“Meski baru dilaunching, namun saya yakin ini akan menjadi salah satu tempat favorit hangout anak-anak muda, apalagi bagi para pecinta kopi,” ujar Ambu Anne.

Terkait dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terhadap UMKM, khususnya di usaha kedai kopi, Ambu Anne menegaskan, pihaknya sudah pernah melaksanakan pelatihan untuk barista (peracik dan penyeduh kopi).

“Yakni, melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan juga melalui program Sukma atau Sekolah untuk Masyarakat melalui Dinas Pendidikan, dan satu lagi melalui Dinas Tenaga Kerja,” ucap Ambu Anne.

Bahkan, lanjutnya, Pemkab juga mengakomodir dan melatih para pegiat kopi menjadi wirausaha atau pelaku UMKM di bidangnya. “Akmal ini bisa menjadi contoh pemuda kreatif Purwakarta. Bukan hanya seorang dokter, tapi juga pebisnis muda,” katanya.

Ke depan, Pemkab juga akan menata beberapa tempat berjualan kopi yang representatif. “Kami akan buka di samping Kantor Disporaparbud atau di area Stadion Purnawarman yang salah satunya akan dimanfaatkan sebagai Pojok Barista,” kata Ambu Anne.

Lebih lanjut Ambu Anne menjelaskan, ada tiga hal dukungan Pemkab untuk UMKM. Ketiganya adalah memberikan pelatihan, intervensi modal usaha, dan menyediakan tempat usaha yang representatif.

Baca Juga :  Kementerian ESDM Ungkap Anomali Tingginya Angka Kemiskinan di Wilayah Kaya SDA

“Selamat atas dibukanya Pendopo Coffee Purwakarta. Sajian kopinya sudah sangat sesuai dengan selera Ambu. Ambu suka minum kopi yang pahit tanpa gula,” ujar Ambu Anne.

Keberadaan Pendopo Coffee yang baru saja diresmikan Ambu Anne ini memang tersembunyi. Lokasinya tepat di area belakang RSU Asri Purwakarta.

Meski begitu, sejak mulai beroperasi hingga grand launching, Pendopo Coffee banyak dikunjungi penggemar kopi dari kalangan anak muda. Tak ayal Pendopo Coffee disebut-sebut sebagai hidden gems baru di Purwakarta.

Istilah hidden gems atau secara harfiah diartikan permata tersembunyi ini menggambarkan kuliner atau tempat wisata menarik yang belum banyak diketahui orang.

Karena lokasinya di belakang RSU Asri, maka kalau mau ke Pendopo Coffee harus masuk melewati gerbang RSU Asri terlebih dahulu.

Terus saja ke arah parkiran hingga menemukan gerbang belakang. Nah, melewati gerbang tersebut akan tampak sebuah pendopo megah di tengah-tengah taman yang asri.

Tampak juga meja dan kursi yang tertata rapi, baik di pendopo maupun di taman tersebut. Sementara di pojok kanan taman jadi area barista meracik dan menyeduh kopi. Ada pula mini stage yang kerap menampilkan band akustik dengan lagu kekinian.

Owner Pendopo Coffee Purwakarta dr. Muhammad Akmal Rais merekomendasikan waktu yang paling pas untuk ngopi di Pendopo Coffee.

“Kami rekomendasikan kalau datang ke sini pada sore hari. Anginnya sudah mulai sejuk, cahaya matahari sore juga semakin menambah suasana hangat. Jadi, feels lebih terasa kalau di sore hari,” kata Akmal.

Pendopo Coffee, sambungnya, berawal dari kesukaannya minum kopi. Referensinya, lanjut Akmal, dari berbagai kedai kopi atau coffee shop, baik di Purwakarta maupun di luar Purwakarta.

Baca Juga :  Kurangi Dampak PPKM, Presiden Pastikan Penyaluran Bansos Dipercepat

“Dengan berbagai cita rasa seduhan kopi yang pernah saya sesap itu, saya pun ingin menghadirkan kenikmatan secangkir kopi kepada para penikmat kopi melalui Pendopo Coffee ini,” ujar Akmal.

Tak heran, Akmal pun memilih kopi jenis Arabika yang ditanam para petani kopi di Kecamatan Kiarapedes. “Siapa sangka, di Kabupaten Purwakarta ada perkebunan kopi. Terlebih, ditanamnya di area perkebunan cengkeh sehingga after tastenya menghasilkan aroma cengkeh, sangat unik,” ucapnya.

Tempat yang cozy dan asri, ditambah seduhan kopi yang wangi dan nikmat, hal inilah yang semakin menegaskan Pendopo Coffee sebagai hidden gems baru di Purwakarta.

“Sasaran utama kami adalah kaum muda milenial. Sehingga bisa dipastikan harga kopinya pun afordable alias ramah di kantong,” kata Akmal. @der

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Platform Ryff's Spheera™ Membebaskan Merek dan Konten

Kam Jul 6 , 2023
Silahkan bagikan Peluncuran teknologi memfasilitasi koneksi terukur yang mulus. VISI.NEWS | LONDON – Ryff, penemu VPP, telah menyatakan bahwa semua merek dan pemilik konten dibebaskan dari konvensi industri 4 Juli lalu. Peluncuran Spheera™ memberikan kebebasan kepada pendongeng, pembuat, studio TV dan film, streamer, dan penyiar di seluruh dunia untuk terhubung. […]