Tol Cisumdawu Molor Lagi, Target Berfungsi Penuh Akhir Mei 2023 dan Lebaran ini Hanya Fungsional sampai Dawuan

Editor Jalan Tol Cisumdawu dari pintu masuk Cimalaka masih terlihat lengang. Foto diambil pada Jumat (7/4/2023) pukul 17.00 WIB. /visi.news/m purnama alam
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi meninjau Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat pada Minggu (9/4/2023).

Hal tersebut merupakan bagian dari koordinasi persiapan untuk arus mudik Lebaran 2023, terutama terkait rencana fungsional Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 – Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) sepanjang 29,165 Km.

“Untuk Jalan Tol Cisumdawu insyaAllah dalam rangka mudik Lebaran 2023 nanti akan tembus dari Cileunyi sampai Dawuan. Untuk titik yang longsor di Seksi 5 sedang diselesaikan penanganannya, akan dibuka dua lajur untuk bisa fungsional pada 15 April 2023,” kata Menteri Basuki.

Lebih lanjut, untuk pengaturan lalu lintas saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023. Target tersebut molor lagi dari sebelumnya ditargetkan berfungsi penuh Januari, kemudian Pebruari dan Maret. Terakhir, target berfungsi penuh pada musim mudik Lebaran 2023, April ini.

“Dengan selesainya Jalan Tol Cisumdawu akan mendukung Bandara Kertajati yang mulai beroperasi secara bertahap setelah Lebaran 2023 untuk penerbangan umroh dan ibadah haji,” katanya.

Sementara itu, untuk pelebaran jalan di Tol Cipali yang masih terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu, akan selesai pada 12 April 2023 dan akan ada Rest Area sementara di KM 81 baik di Jalur A dan B berkapasitas sekitar 125 mobil dilengkapi mobile toilet akan siap pada 17 April 2023.
@gvr

Baca Juga :  Sang Ayah "ASN" Segera Dapat Hak Cuti dampingi Istri yang Akan Melahirkan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Anas Urbaningrum Besok Bebas, Masih Ingatkah dengan Sumpah Mubahalahnya?

Sen Apr 10 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Politisi muda mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang divonis 14 tahun penjara dalam kasus korupsi dan pencucian uang proyek Wisma Atlet Hambalang, Selasa (11/4/2023) akan menghirup udara bebas. Kebebasan Anas dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, besok akan disambut oleh ribuan pendukungnya yang meyakini […]