Setelah Semalam Diguyur Hujan, Prakiraan BMKG Bandung Hari ini Cerah Berawan

Editor Meski pada Senin (25/12/2023) ini cuaca menurut prakiraan BMKG cerah berawan namun membawa payung adalah hal bijaksana karena cuaca bisa tiba-tiba berubah. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Cuaca di Kota Bandung dan sekitarnya pada hari ini, Senin (25/12/2023), diprakirakan cerah berawan sepanjang hari. Suhu udara berkisar antara 20°C hingga 31°C, dengan tingkat kelembapan antara 70% hingga 90%. Laju angin bervariasi antara 0 km/jam hingga 10 km/jam, dari arah Barat dan Barat Laut.

Prakiraan cuaca ini dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung melalui situs resminya¹². BMKG Bandung juga menyediakan informasi cuaca untuk wilayah lain di Provinsi Jawa Barat, seperti Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, Cipali, dan lain-lain.

Menurut Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, cuaca cerah berawan di Bandung dan sekitarnya disebabkan oleh adanya tekanan udara tinggi di wilayah Indonesia bagian barat³. “Tekanan udara tinggi ini menghambat pembentukan awan hujan, sehingga cuaca cenderung cerah dan kering,” ujarnya.

Teguh menambahkan, cuaca cerah berawan ini juga dipengaruhi oleh musim pancaroba, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. “Musim pancaroba ini biasanya berlangsung sekitar dua bulan, mulai dari Oktober hingga November. Namun, tahun ini, musim pancaroba terjadi lebih lama, hingga akhir Desember,” katanya.

Meskipun cuaca cerah berawan, Teguh mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lokal yang bisa terjadi secara tiba-tiba. “Hujan lokal ini biasanya terjadi di sore atau malam hari, akibat adanya konveksi lokal atau pertemuan massa udara dingin dan panas. Hujan lokal ini bisa disertai angin kencang dan petir, sehingga berpotensi menimbulkan bencana, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan lain-lain,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi potensi hujan lokal, Teguh menyarankan masyarakat untuk selalu memantau informasi cuaca terkini dari BMKG Bandung, baik melalui situs, media sosial, maupun aplikasi. “BMKG Bandung terus memperbarui informasi cuaca setiap tiga jam sekali, dan juga memberikan peringatan dini jika ada potensi cuaca ekstrem. Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan informasi cuaca ini untuk melindungi diri dan lingkungan mereka,” tuturnya.

Baca Juga :  6 dari 9 Korban Hilang Ditemukan, Perahu Wisatawan Berisi 20 orang Tenggelam di Waduk Kedungombo

Selain itu, Teguh juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh mereka, terutama di masa pandemi Covid-19 ini³. “Cuaca cerah berawan ini bisa membuat tubuh kita mudah dehidrasi, lemas, dan kurang fit. Oleh karena itu, kita harus banyak minum air putih, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” pesannya.

Sementara itu, salah seorang warga Bandung, Rina (25), mengaku senang dengan cuaca cerah berawan ini. “Saya suka cuaca cerah berawan ini, karena tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Saya bisa beraktivitas dengan nyaman, baik di dalam maupun di luar rumah,” katanya.

Rina mengatakan, ia tetap berhati-hati dengan cuaca cerah berawan ini, karena bisa berubah sewaktu-waktu. “Saya selalu membawa payung dan jaket, jika sewaktu-waktu hujan turun. Saya juga selalu memeriksa informasi cuaca dari BMKG Bandung, agar tidak kaget dengan perubahan cuaca,” ucapnya.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Misa di Gereja Kota Bandung pada Natal 2023

Sen Des 25 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Umat Kristiani di Kota Bandung dan sekitarnya merayakan Natal pada hari ini, Senin 25 Desember 2023, sebagai peringatan kelahiran Yesus Kristus. Untuk memperingati hari raya ini, sejumlah gereja di Kota Bandung telah menyiapkan jadwal misa, baik pada malam Natal (24 Desember) maupun pada hari Natal […]