Setiap Tanggal 14 Dispusip Kab. Bandung Ajak Masyarakat Kunjungi Perpustakaan

Editor Kepala Dispusip Kabupaten Bandung H. Teguh Purwayadi. /visi.news/engkos kosasih
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Setiap tanggal 14 September diperingati Hari Kunjungan Perpustakaan (HKP). Pencanangan peringatan HKP ini telah dilakukan oleh Presiden Soeharto sejak 1995.

Pemerintah menetapkan Hari Kunjungan Perpustakaan itu untuk menanamkan budaya berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan kegemaran membaca bagi masyarakat secara umum.

Berdasarkan pada hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) menetapkan setiap tanggal 14 pada setiap bulannya mengajak kepada masyarakat untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan. Meski pada dasarnya, kunjungan ke perpustakaan bisa dilaksanakan setiap hari.

“Berkunjung ke perpustakaan ini untuk meningkatkan semangat literasi atau gemar membaca bagi masyarakat di Kabupaten Bandung,” kata Bupati Bandung HM Dadang Supriatna melalui Kepala Dispusip Kabupaten Bandung H. Teguh Purwayadi di Soreang, Selasa (14/5/2024).

Teguh berharap kepada masyarakat bisa memanfaatkan kunjungan ke perpustakaan itu. Baik berkunjung ke perpustakaan daerah Kabupaten Bandung, maupun perpustakaan yang tersebar di 31 kecamatan, 270 desa dan 10 kelurahan.

“Terutama bagi para pelajar, baik di tingkat PAUD dan TK, bisa lebih dini untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan. Supaya dapat mendorong dan meningkatkan semangat literasi bagi para pelajar usia dini tersebut,” kata Teguh.

Lain halnya dengan para siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan MA, maupun mahasiswa, imbuh Teguh, tentunya mereka bisa memilih buku bacaan sesuai dengan bidang pendidikan yang sedang mereka ikuti.

“Tak hanya bagi para pelajar atau mahasiswa, masyarakat umum juga bisa memanfaatkan perpustakaan untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Menurutnya, berbagai kalangan itu tak hanya memanfaatkan pada Hari Kunjungan Perpustakaan saja. Setiap hari juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan, terutama di hari-hari kerja, jika perpustakaan itu ada di sekitar perkantoran desa, kelurahan maupun pemerintahan daerah.

Baca Juga :  Institut Teknologi PLN Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Siapkan 250 Kuota Program Ikatan Kerja

“Saat ini juga perpustakaan sudah banyak tersebar di lingkungan masyarakat yang diinisiasi oleh para penggiat literasi. Kita berharap dengan adanya semangat berkunjung ke perpustakaan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat,” tuturnya.

@kos

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Audiensi Bupati Bandung dengan Pengurus PC Pergunu

Sel Mei 14 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung, Dr. HM Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si. menerima audiensi Pengurus PC Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) Kabupaten Bandung, di ruang rapat Setda Kab. Bandung, pada Senin (13/5/2024). Dalam pertemuan yang dikomandani Yohanik, S.Ag., M.Pd selaku Ketua PC. PERGUNU Kab. Bandung menyampaikan maksud kedatangan rombongan […]