Sholawatan Cak Imin, Netizen, “Sholawat kok gibah, nggak takut dosa ya?”

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menjadi sorotan netizen setelah video sholawatannya viral di media sosial. Dalam video tersebut, Cak Imin tampak bersholawat dengan mengganti lirik lagu untuk menyindir pasangan calon lain.

Video sholawatan Cak Imin itu diunggah oleh akun TikTok @anakkoreah pada Sabtu (10/2/2024), saat kampanye akbar pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Jakarta International Stadium (JIS). Dalam video berdurasi 15 detik itu, Cak Imin menyanyikan lirik sebagai berikut:

“Rakyat sepakat untuk perubahan, pemilu bukan pergantian dari bapak ke anak. Terlibatlah paman, konstitusi hancur berantakan,”

“Suara anda jangan mau dibeli. Itu menguntungkan oligarki. Marilah kita tegakkan demokrasi. Indonesia bukan milik dinasti,”

Lirik sholawat Cak Imin itu diduga menyindir pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, Cak Imin juga menyebut kata “paman”, yang mungkin merujuk kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Video sholawatan Cak Imin itu pun menuai beragam komentar dari netizen. Sebagian netizen mengecam Cak Imin karena dianggap tidak menghormati sholawat dengan menyisipkan nyinyiran politik. Mereka menilai bahwa sholawat Cak Imin itu merupakan bentuk gibah, yaitu menggunjing orang lain di belakang.

“Sholawat kok gibah, nggak takut dosa ya?” tulis akun @nurulfitriani.

“Sholawat itu untuk memuji Allah dan Nabi, bukan untuk nyinyirin orang lain. Ini namanya sholawat atau sholawat?” komentar akun @rizkypratama.

“Sholawat itu harusnya bikin hati tenang dan damai, bukan bikin hati panas dan benci. Ini sholawat apa provokasi?” ungkap akun @dewiayu.

Baca Juga :  JADWAL SALAT: Bandung dan Sekitarnya, Senin, 18 Oktober 2021

Namun, ada juga netizen yang membela Cak Imin dan menganggap sholawatnya itu sebagai bentuk kritik sosial. Mereka menilai bahwa Cak Imin hanya menyampaikan fakta dan aspirasi rakyat yang menginginkan perubahan.

“Sholawat Cak Imin itu keren dan kocak. Dia cuma ngomong apa adanya, nggak ada yang salah. Malah jadi lebih semangat untuk memilih Anies-Cak Imin,” puji akun @fahmiaziz.

“Sholawat itu kan juga bisa jadi media dakwah dan edukasi. Cak Imin itu cerdas dan kreatif, dia bisa menyindir dengan halus dan santun. Salut deh,” ujar akun @nurulhuda.

“Sholawat Cak Imin itu lucu dan menghibur. Dia nggak ngejelek-jelekkin orang lain, cuma ngasih tau fakta. Yang tersinggung berarti baper,” kata akun @rizalmaulana.

@mpa/net/chatgpt

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Apel Kesiapan Pengamanan TPS Polrestabes Surabaya

Ming Feb 11 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Kesiapan pengamanan TPS Pemilu 2024 diperlihatkan oleh jajaran Polrestabes Surabaya dengan menggelar Apel Perlengkapan Personil Pengamanan TPS Pemilu 2024 di Halaman Apel A Polrestabes Surabaya, Sabtu (10/2/24). Dalam amanatnya, Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Wimboko menyampaikan, puncak Pemilu 2024 yakni tahapan pemungutan suara merupakan tahap akhir dari […]