Siaran TV Digital, Berikut Jenis TV yang Support dan Cara Menangkap Sinyal

Editor Ilustrasi/via kompas.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pengguna televisi (TV) analog di Indonesia diminta untuk segera bermigrasi ke TV digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran TV analog secara total, paling lambat 2 November 2021.

Tahap pertama penghentian siaran TV analog dimulai paling lambat 17 Agustus 2021. Kominfo menyebutkan, siaran TV digital akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, dan suara yang lebih jernih.

Lantas, bagaimana cara bermigrasi ke TV digital?

Mengutip KOMPAS.com dari laman Siaran Digital Kominfo, untuk bisa menonton siaran TV digital, masyarakat perlu memastikan terlebih dulu bahwa daerahnya sudah terdapat siaran TV digital.

Sama seperti TV analog, masyarakat juga membutuhkan antena UHF untuk menangkap sinyal. Letak antena dapat berada di luar rumah maupun di dalam rumah.

Terpenting, masyarakat harus memastikan bahwa TV di rumah sudah dilengkapi dengan penerima sinyal DVB-T2.

DVB-T2 merupakan jenis sinyal digital yang dibaca dan diterjemahkan Set Top Box (STB) atau perangkat penerima TV digital DVB-T2.

Untuk mengetahui TV yang dimiliki dapat menangkap sinyal siaran digital, cari keterangan DVB-T2 pada buku panduan TV.

Jika TV tidak ada keterangan DVB-T2, tidak perlu khawatir. Kominfo menyebutkan, masyarakat tidak harus membeli TV baru untuk menikmati siaran TV digital.

TV model lama, seperti model tabung, masih bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital, asalkan dilengkapi dengan STB bersertifikasi DVB-T2.

Penelusuran Kompas.com, Kamis (3/6/2021) di situs jual beli online, harga STV atau dekoder DVB-T2 berada di kisaran Rp 200.000.

Untuk mengetahui tipe STB dan TV digital yang sudah tersertifikasi DVB-T2 oleh Kominfo, dapat dicek melalui laman https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi. 

Cara menangkap sinyal TV digital

Setelah TV yang dimiliki sudah dipastikan mampu menangkap sinyal DVB-T2, langkah berikutnya adalah menangkap sinyal siaran digital.

Baca Juga :  Andika Perkasa Hanya Jadi Panglima TNI 13 Bulan, Anggota DPR: Saya Rasa akan Diperpanjang

Langkah pertama, cek ketersediaan sinyal TV digital di daerah Anda dengan menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang dapat diunduh di Google Play Store atau Apple App Store.

Pastikan antena UHF dan TV sudah terpasang dengan benar. Jika TV Anda belum bisa menangkap sinyal DVB-T2, sambungkan dengan STB bersertifikasi DVB-T2.

Nyalakan TV, kemudian masuk ke opsi pengaturan (setting). Jika menggunakan STB, masuk ke mode AV, lalu tekan tombol “Menu” pada remote control STB.

Cari menu “Pencarian Saluran” dan pilih “Pencarian Otomatis”. Tunggu hingga pencarian selesai, kemudian tekan “Simpan”.

Untuk diketahui, beberapa tipe dekoder atau STB tertentu akan meminta pengguna untuk memasukkan kode pos wilayahnya. Selamat, siaran TV digital sudah siap dinikmati. @fen

 

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penjualan Jersey Persib Menggeliat Lagi, Milik Ezra Walian Paling Diburu

Sab Jun 5 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Perhelatan Piala Menpora 2021 dan kabar kepastian akan bergulirnya Liga 1 2021/2022 berpengaruh positif untuk Persib Bandung. Penjualan jersey Persib Bandung terus menggeliat. Kabar gembira tersebut disampaikan Supervisor Persib Store, Nabella Mizka, di Bandung, Kamis (3/6/2021). Dia mengatakan sejak bergulirnya Piala Menpora penjualan jersey Persib Bandung terus meningkat secara signifikan. “Awal Januari ketika […]