Sindikat Begal Rekening dengan Modus Ilegal Akses, Penipuan, dan Penggelapan Diringkus Polisi

Editor Polda Metro Jaya ungkap sindikat begal rekening dengan modus ilegal akses, penipuan, dan penggelapan./via polresmetrobekasi.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Polda Metro Jaya mengngkap sindikat begal rekening dengan modus ilegal akses serta penipuan, penggelapan, juga pengungkapan kasus penyekapan dengan ancaman kekerasan.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah berhasil melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap pelaku kasus penipuan dan penggelapan mengakses sistem elektronik milik orang lain secara ilegal dan pencurian data elektronik pada Kamis (14/7/2022) sekitar pukul 04.15 WIB, di Desa Lebihitam, Kecamatan. Tulungselapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Metro Jaya Kompol M. Hari Agung Julianto, S.Psi didampingi Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Indra S. Tarigan, S.H., S.Sos dan jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya dalam konferensi pers, Selasa (19/7/2022) mengatakan, total tersangka 3 orang yang sudah diamankan.

Ketiganya, yaitu pertama berinisial R perannya mengaburkan dan mencairkan hasil kejahatan melalui akun Ultravouver, Akun Lakuemas ke transaksi debit (BRI dan Maybank). Kedua berinisia B berperan turut serta dan membantu mengaburkan serta mencairkan hasil kejahatan melalui akun Ultravoucher, akun Lakuemas ke transaksi debit (BRI dan Maybank).

Adapun barang bukti yang di sita berupa HP berbagai merek. Modus operandi para tersangka yaitu melakukan penipuan, menawarkan iklan upgrade menjadi nasabah prioritas dengan segudang rayuan promosi, dan menipu dengan cara meminta korban memberikan data pribadi seperti Nomor ATM, PIN, OTP, Nomor CVV/CVC dan Password.

“Para tersangka dikenai Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP atau Pasal 30 jo Pasal 46 lalu Pasal 32 jo Pasal 48 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016, Tentang perubahan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008, tentang informasi dan transaksi elektronik juga Pasal 1 ayat 1 Undang – Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951,” tegasnya. @fen

Baca Juga :  Apel Patroli Malam agar Jakarta Aman dan Kondusif

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Sambut Hari Anak Nasional, Kota Bandung Gelar Sejumlah Kegiatan

Rab Jul 20 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Forum Anak Kota Bandung terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan anak. Termasuk melindungi anak-anak dari paparan Covid-19. Oleh karenanya, menjelang Hari Anak Nasional pada 23 Juli mendatang, Pemkot Bandung bersama Forum Anak menggelar sejumlah acara. Seperti sejumlah lomba dan vaksinasi […]