Siskamling Bagian Penting dari Struktur Sosial, Ini Cara Desa Lempegan Ibun Menggairahkannya

Editor Salah satu peserta Lomba Siskamling di Desa Lempegan, Kecamatan Ibun, Kab. Bandung. /visi.news/andri
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | IBUN – Sistem keamanan lingkungan (Siskamling) merupakan bagian penting dalam struktur masyarakat, sehingga kesiagaan Siskamling dianggap sangat penting untuk senantiasa menjadikan suatu lingkungan kondusif.

Untuk memeliharaan kesiagaan ini, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bandung dan Hari Jadi Linmas Kabupaten Bandung, Desa Lempegan, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung menyelenggarakan lomba Siskamling. “Lomba ini menarik karena banyak kejadian lucu-lucu dari peserta yang ikut lomba. Sebaiknya kepada kepala desa dan jajarannya, ini terus dipelihara sebagai kegiatan rutin tahunan, ” ungkap seorang warga, Minggu (10/4/2022).

Para tokoh dan aparat menghadiri lomba Siskamling di Desa Lempegan, Ibun, Kabupaten Bandung. /visi.news/andri

Tak hanya warga, para tokoh masyarakat juga hadir dalam kegiatan lomba Siskamling ini. Bahkan tampak hadir juga perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kec. Ibun, Babinda, Binmas, Kanit Pol PP, bahkah para remaja yang tergabung dalam Karang Teruna setempat hadir juga.

Menurut Tim Penilai Lomba Kabid Linmas Kab. Bandung Irwan, penilaian utama dilihat dari ketertiban administrasi, dan kekompakan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang mengikuti perlombaan ini. “Penilaian utamanya pada aspek administrasi dan kekompakan anggota tim,” tandas Irwan.

Melihat antusias warga dan peserta lomba Siskamling ini, Irwan mengatakan bahwa pihaknya cukup puas dengan penyelenggaraan lomba di desa tersebut. “Saya berharap kegiatan seperti ini bisa lebih ditingkatkan agar berdampak menciptakan sikon di lingkungan masyarakat lebih terjalin erat dan terwujudnya ketertiban dan keamanan di lingkungan masyatakat itu sendiri,” ungkapnya.

Sekdes yang juga Pembina Satlinmas Lempegan, Pipin Aripin menambahkan, sangat berterimakasih khususnya kepada para Ketua RW dan tokoh masyarakat atas terlaksananya lomba tersebut. “Kekompakan yang tercipta, saya harapkan bisa menjadi motivasi bagi warga RW untuk lebih bisa menggiatkan Linmasnya demi terciptanya lingkungan yang aman,” pungkasnya.@dri

Baca Juga :  Bumdes Raharja Salurkan 350 Paket Sembako kepada Warga Isoman

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sambut Ramadan, Tasik Gelar Panggung Ramadhan, Subang Ajak Wakaf Al Quran

Ming Apr 10 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA TASIKMALAYA – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Drs. H. M. Ali Abdul Latief, M.Ag, memberikan sambutan dalam Panggung Gema Ramadhan di Halaman Masjid Al Mujahidin Jl. Lingkar Dadaha pada Jumat (08/04/2022). Panggung Gema Ramadhan adalah kegiatan yang khusus dilaksanakan pada Ramadan dalam rangka syiar Islami […]