Siswa 3 SMP di Solo Ikut Uji Coba KBM Tatap Muka di Tengah Pandemi

Editor :
Sejumlah siswa SMP Negeri 4 Solo seusai mengikuti uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pulang dengan penjemputan masing-masing./visi.news/tok suwarto.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di tengah pandemi Covid-19, mulai Rabu (4/11/2020) diujicobakan bagi siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Solo.

Sebanyak 3 sekolah jenjang SMP, yaitu SMP Negeri 4, SMP Al Azhar Syifa Budi dan di MTs Negeri 1, melaksanakan KBM tatap muka setelah hasil rapid test terhadap para siswa, guru, dan karyawan tidak didapati kendala serius.

Kepala SMP Negeri 4 Solo, Sri Wuryanti, di sela pemantauan KBM tatap muka pertama sejak para siswa melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi, menyatakan, uji coba KBM tatap muka dilaksanakan selama 2 jam pada pukul 08.00 – 10.00 WIB.

Mata pelajaran (mapel) yang diajarkan pada hari pertama, sebanyak 4 mapel, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika.

“Selama 2 jam KBM tatap muka, siswa menerima 4 mapel masing-masing selama 30 menit. Jadi, siswa mengikuti KBM tatap muka tanpa jam istirahat. Setelah KBM selesai, siswa langsung pulang,” ujarnya.

Dalam KBM tatap muka di SMP Negeri 4, menurut Sri Wuryanti, dari total siswa kelas IX hanya 219 orang yang diizinkan orang tua masing-masing mengikuti uji coba KBM tatap muka. Sebanyak 117 orang siswa yang telah mengikuti rapid test, hadir dalam uji coba KBM tatap muka hari pertama. Sedangkan 2 siswa yang seharusnya ikut uji coba tidak masuk karena sakit.

”Hari pertama ini, jumlah siswa yang masuk seharusnya 119 orang. Namun dua siswa tidak boleh masuk karena sakit panas. Sebanyak 70 siswa yang tidak diizinkan orang tuanya bersama 100 orang siswa lainnya mengikuti KBM jarak jauh di rumah masing masing. Pada hari kedua besok, giliran 100 siswa yang mengikuti KBM tatap muka dan 117 orang yang masuk hari ini melakukan KBM daring di rumah masing masing,” jelasnya.

Baca Juga :  Polisi Selidiki Sejumlah Hoaks Terkait Vaksin Covid-19

Di SMP AL Azhar Syifa Budi, jumlah siswa yang masuk dalam uji coba KBM tatap muka sebanyak 12 orang dan 5 orang menyatakan mengundurkan diri. Sedangkan di MTs N 1 Surakarta, sebanyak 93 orang siswa mengikuti uji coba KBM tatap muka dan 3 orang menyatakan mengundurkan diri.

Salah seorang siswa SMP Negeri 4 Solo, Yunahar Yahya, mengungkapkan rasa senang bisa kembali ke sekolah mengikuti KBM tatap muka. Dia menyatakan, harus menyesuaikan diri dengan KBM tatap muka, setelah cukup lama belajar secara daring di rumah. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jurus Jitu Amankan Masa Pensiun Sejak Dini

Rab Nov 4 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS –  Sektor keuangan di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan, sektor ini menjadi salah satu yang berperan penting bagi perekonomian nasional melalui berbagai lembaga keuangan, mulai bank, asuransi, multifinance, dana pensiun, hingga si anak ‘bontot’, fintech atau dikenal pinjaman online (pinjol).  Terbukti, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan sektor usaha […]