Soal Muazin di Salat Iduladha Jokowi, Ini Kata Menag

Editor :
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas./twitter gus yaqut/via suara.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Publik tengah memperbincangkan mengenai istilah muazin di salat Iduladha Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sebutan muazin pada salat Id dinilai tidak lazim dan tidak diperlukan.

Menanggapi hal ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut turut menjelaskan. Ia menjelaskan adanya muazin pada pelaksanaan salat Iduladha.

Gus Yaqut menjelaskan mengenai kata muazin dan bilal.

“Yang mempertanyakan adanya muazin, sudah belajar belum? Muazin dan bilal itu sebutan yang sama untuk mereka yang memiliki suara lantang dan fasih,” ujar Gus Yaqut, Rabu, 21 Juli 2021, dilansir Suara.com.

Ia memaparkan muazin dapat dimaknai sebagai orang yang memberi tanda dimulainya pelaksanaan salat, demikian juga bilal.

Secara harfiah, kata Gus Yaqut, muazin diartikan sebagai seseorang yang mengumandangkan azan.

“Bukan hanya kumandang azan, tetapi juga memberi tanda salat dimulai. Kalau di salat Id, muazin atau bilal, dia yang mengkomando: assolaatu jaami’ah…,” jelasnya.

“Jadi, secara harfiah, muazin itu artinya orang yang mengumandangkan azan. Bilal itu, tafa’ulan kepada sahabat Bilal, sahabat Nabi yang pertama kali mengumandangkan azan,” terangnya.

Sebelumnya, publik membahas mengenai cuitan Jokowi yang menyebutkan adanya bilal di salat Iduladha. @fen

Baca Juga :  Suara Warga untuk Kang DS dan Sahrul

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sampaikan Pesan Ketum untuk Saling Ringankan Beban, Golkar KBB Potong Hewan Qurban di RPH

Kam Jul 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar pemotongan hewan qurban pada hari kedua Idul Adha, Rabu (21/07/2021). Sesuai dengan anjuran pemerintah, Pemotongan dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH) Padalarang, Jl. Padalarang-Purwakarta, Desa Cempakamekar. Sengaja pemotongan ini dilaksanakan di RPH, hal ini menyesuaikan dengan kebijakan […]