Soekarno dan Bandung Tak Bisa Dipisahkan, LGP : Siap Telusuri Jejaknya di Bandung

Editor Ketua Dewan Pembina LGP, Mochtar Mohamad. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Ratusan pengurus Laskar Ganjar Puan (LGP) Kabupaten Bandung Barat (KBB), direncanakan akan menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Minggu (27/2/22), guna melakukan konsolidasi penguatan jaringan LGP di KBB.

Dihubungi via WhatsApp, Kamis (24/2/22), Ketua Dewan Pembina LGP, Mochtar Mohamad mengatakan, sebagai semangat perjuangan LGP di KBB, salah satu agenda Rakercab yakni melakukan napak tilas jejak Presiden Soekarno di Bandung.

“Bandung merupakan daerah yang sangat lekat dengan sosok Soekarno, sebab di Bandung, diketahui awal mula Bung Karno memulai kiprahnya di dunia pergerakan,” katanya.

Banyak hal yang dilakukan oleh Soekarno di Bandung, lanjut Mochtar, diantaranya adalah, mendirikan PNI, mencetuskan ideologi Marhaenisme hingga yang paling fenomenal ialah lahirnya pledoi Indonesia Menggugat.

“Soekarno dan Bandung tidak dapat dipisahkan, Bandung adalah titik awal Bung Karno memulai perjuangan kemerdekaan, kita akan kunjungi satu-satu tempat yang pernah disinggahi Bung Karno,” ujarnya.

Mochtar mengungkapkan, penjara Banceuy misalnya, diketahui di lokasi tersebut, Soekarno melahirkan pledoi Indonesia menggugat, kemudian situs makam Marhaen, yang menginspirasi Bung Karno mencetuskan gagasan tentang Marhaenisme.

“Dan masih banyak tempat yang bakal dikunjungi LGP dalam rangka napak tilas, tujuannya adalah mengajak masyarakat secara luas untuk lebih mengenali sosok Soekarno dan pemikiran serta apa yang sudah diperbuatnya untuk bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Terakhir, dengan dilakukannya napak tilas jejak sang proklamator, Mochtar berharap, akan melahirkan semangat juang LGP dalam melakukan pergerakan di Bandung.

“Esensi dari kegiatan ini tidak lain untuk memicu semangat juang para pejuang LGP di Bandung, sehingga bisa melakukan pergerakan yang maksimal,” pungkasnya.@eko

Baca Juga :  Gubernur Jabar Berharap Masjid Dipenuhi Jemaah Tarawih hingga Akhir Ramadan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berkunjung ke Gedung Sate, Dubes Amerika Dibekali Empat Sektor Investasi oleh Kang Emil

Kam Feb 24 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sedikitnya ada empat hal yang disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mendampingi kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Amerika, Sung Kim, Kamis (24/2/22) ke Gedung Sate di Jalan Dipenogoro Kota Bandung. Dalam menjamu Dubes Amerika tersebut, pria yang  biasa disapa Kang Emil itu sempat […]