SOMPO Environment Foundation Kembali Gelar Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan di Indonesia

Editor Yoshikazu Nishiwaki, Executive Director Sompo Environment Foundation (SOMPOEF), menegaskan harapan dari program magang ini guna mengembangkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa pada isu lingkungan. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Sompo Environment Foundation (SOMPOEF) dan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), bagian dari Sompo Holdings Inc. (berlokasi di Tokyo, Jepang) meresmikan Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan gelombang kelima di Indonesia.

Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan ini merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Sompo Environment Foundation sejak Februari 2019 untuk mahasiswa Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengembangkan generasi pemimpin masa depan agar dapat kritis memahami permasalahan lingkungan dengan memfasilitasi pengalaman magang di mitra LSM terpilih. Melalui program ini para mahasiswa akan dibekali pengetahuan praktis seputar isu-isu lingkungan dan melatih mereka untuk mengambil tindakan yang diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah lingkungan.

“Membina pengetahuan seputar isu-isu lingkungan, mendukung penelitian, dan juga peningkatan kemampuan SDM di bidang lingkungan adalah inti dari semua yang kami lakukan di Sompo Environment Foundation.” ujar Yoshikazu Nishiwaki, Executive Director Sompo Environment Foundation. “Dengan dukungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berbagai LSM, serta Sompo Insurance, kami harap mahasiswa yang melaksanakan program ini dapat meningkatkan pola pikir tentang lingkungan dan berkontribusi untuk perkembangan Indonesia melalui program magang LSM ini.”

Sompo Environment Foundation telah mengadakan Program Pemagangan yang sama di Jepang sejak tahun 2000 dan menghasilkan lebih dari 1,200 alumni. Dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan serupa, Sompo Environment Foundation bertujuan untuk mendukung perkembangan sumber daya manusia generasi muda di Indonesia dan pilihan karirnya.

Di Indonesia, dengan perkembangan ekonomi yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, isuisu lingkungan seperti penggundulan hutan dan pembuangan limbah menjadi semakin penting. Karena itulah, diperlukan upaya berkelanjutan yang konsisten dari berbagai pihak untuk mengatasi isu lingkungan.

Baca Juga :  Wali Kota Yogya Perketat Penerapan Prokes DI Wilayah
Jo Kumala Dewi, Direktur Jenderal Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), memberikan dukungan terhadap program SOMPOEF dalam memberdayakan generasi muda terhadap isu-isu lingkungan. /visi.news/ist

Hal serupa juga diserukan oleh Jo Kumala Dewi, Direktur Jenderal Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada saat peresmian program magang gelombang kelima, “KLHK selalu menyambut baik program yang bertujuan mendorong pembangunan berkelanjutan. Memasuki tahun kelima, program ini adalah wujud konsistensi Sompo dalam membina dan memberdayakan generasi muda dalam menghadapi isu-isu lingkungan yang sudah ada, dan yang akan datang. Kami berharap program ini dapat memberikan ruang bagi generasi muda berekspresi dan berupaya mengambil tindakan konkrit terhadap isu lingkungan.” Page 2 of 2 Minat mahasiswa Indonesia terhadap program ini pun terus meningkat. Tahun ini sebanyak 203 orang mahasiswa mendaftarkan diri dan melalui proses seleksi wawancara ketat dengan mitra Japan Environmental Education Forum Indonesia Office (JEEF) serta LSM terpilih. Setelah melalui proses seleksi tersebut, sebanyak 25 orang mahasiswa terpilih untuk memulai pengalaman magangnya dengan 9 LSM.

LSM lingkungan yang bermitra dengan program ini terdiri dari organisasi internasional hingga lokal yang memiliki beragam kegiatan, termasuk konservasi hutan dan ekosistem, pengelolaan limbah dan pendidikan lingkungan. Berbeda dari dua tahun sebelumnya, para mahasiwa akan bekerja secara tatap muka dari Februari sampai September di berbagai LSM yang berlokasi di daerah Jakarta dan Bogor. Selain itu, secara rutin dalam satu bulan sekali mereka akan difasilitasi untuk berkemah bersama dengan rekan-rekan sejawatnya untuk bersosialisasi, berbagi pengalaman magangnya dan berdiskusi mempersiapkan laporan.

Lebih dari sekedar melibatkan mahasiswa sebagai sukarelawan, program ini merupakan upaya nyata Sompo Environment Foundation yang bermotto “Fostering People Who Plant Trees”, untuk membina dan memberdayakan generasi muda seputar isu lingkungan. Kegiatan kesekretariatan program magang ini dipercayakan kepada JEEF yang bertempat di Bogor, Indonesia.

Baca Juga :  Jelang Big Match, Panitia Berlakukan Syarat Khusus bagi Bobotoh

Grup SOMPO bekerja dalam pengembangan sumber daya manusia untuk generasi muda dari berbagai sisi, termasuk memberikan dukungan bagi alumni program magang ini melalui Sompo Alumni Idea Fund yang diluncurkan Sompo Insurance di tahun 2022.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bukalapak Kumpulkan Ratusan Pemilik Warung di Bekasi dan Karawang untuk Belajar Kelola Bisnis secara Digital

Sel Feb 14 , 2023
Silahkan bagikan  VISI.NEWS | JAKARTA – Salah satu emimpin pasar online-to-offline (O2O) di Indonesia, Mitra Bukalapak, kembali menggelar acara bertajuk Spesial Kumpul Juwara (SKJ) di Bekasi dan Karawang yang dihadiri 900 pemilik warung, kios pulsa, dan individu anggota Komunitas Juwara dari kota Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan sekitarnya. Jumlah ini […]