SOSOK | H. Yayat Hidayat, S.E., M.M., Warga Bojongmanggu yang Sukses di Dunia Politik dan Pendidikan

Editor Salah satu pimpinan DPRD Kabupaten Bandung yang juga Ketua DPC Partai Gerindra H. Yayat Hidayat, S.E., M.M. /visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Berangkat sebagai penyelenggara pendidikan di Kabupaten Bandung, siapa yang tak kenal sosok H. Yayat Hidayat, S.E., M.M.? Lebih dari separuh usianya diabdikan pada dunia pendidikan di salah satu sekolah swasta cukup terkenal di Kab. Bandung, yang kemudian mendorongnya ke dunia politik.

Pria asli asal Kampung Bojongkoneng, Patal Banjaran Desa Bojongmanggu, Kec. Pameungpeuk, Kab. Bandung, yang lahir pada 13 Juli 1968 itu merupakan anak 2 dari 5 bersaudara  dari pasangan Drs. H. Entis Sutisna (alm) dan Hj. Eti Suharyati (alm). Kedua orang tuanya pemilik Yayasan Sekolah Handayani di Jalan Raya Banjaran.

Setelah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan, pada tahun 2010 untuk  pertama kalinya ia dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti test interview, seleksi Ketua DPC Gerindra Kab. Bandung.

Dengan latar belakang pemahamannya tentang Kabupaten Bandung dan dunia pendidikan, ia dengan mudah lulus dari seleksi, kemudian ditunjuk menakhodai Partai Gerindra Kab. Bandung. “Satu minggu setelah penunjukkan ieu, saya langsung mendapatkan panggilan untuk mengikuti pendidikan dasar bagi kader Gerindra yang baru masuk (baru bergabung), tempatnya di Hambalang, di Kampung Bojongkoneng, Kabupaten Bogor,” ungkap pria bersahaja ini.

Ke Hambalang ia menemui salah satu tokoh poltik di tanah air yang sekaligus pendiri Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yaitu Letnan Jendral (purn) TNI AD Prabowo Subianto.

Pada saat pertemuan pertama kalinya itu, Prabowo menunjuk langsung Yayat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kab. Bandung. Penunjukkan Prabowo kepadanya sangat tepat karena Yayat ternyata memegang penuh amanat tersebut sehingga Partai Gerindra Kabupaten Bandung sejak penunjukkannya sebagai Ketua DPC bisa berkembang seperti sekarang ini. “Pada saat itu, sebagai pendatang baru dalam dunia politik, saya memang sempat diragukkan dapat memegang amanah ini dengan baik. Keraguan tersebut muncul dari salah satu kader internal partai sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rusia Tingkatkan Serangan untuk Merebut Soledar Ukraina Timur

Pertama kali nyaleg

Setelah menjadi ketua partai, Yayat mengungkapkan pertama kali mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Dapil 7 pada Pemilu legislatif tahun 2014 -2019 dan dengan modal semangat serta dukungan langsung dari keluarganya sendiri, juga Ketua Umum Partai Gerindra ia berhasil meraih sekitar 7.000 suara.
Hasil yang dicapai bersama partainya itu mendudukkannya sebagai Wakil Ketua 2 DPRD Kab. Bandung.

“Sejak saat itu pula kursi Fraksi Partai Gerindra di DPRD Kab. Bandung yang awalnya hanya 2 kursi meningkat menjadi 7 kursi hingga saat ini,” jelasnya.

Pada Pileg 2019-2024, ia kembali didorong kadernya untuk maju kembali mencalonkan sebagai anggota dewan di Dapil yang sama, raihan suaranya hampir hampir dua kali lipat, 12.000 suara, hingga terpilih kembali dan duduk sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten Bandung hingga saat ini.

Kontribusinya selama ini sebagai wakil rakyat, telah dibuktikan oleh pria yang ramah ini kepada masyarakat yang secara khusus ada di Dapil 7. Antara lain dengan membina para petani dan pedagang termasuk perannya yang memperhatikan pemuda yang tergabung dalam karang taruna, melalui aspirasi dari pokok pikiran (Pokir) yang selama ini dimanfaatkan oleh mereka. Termasuk pembangunan drainase, perbaikan jalan dan lainnya.

Portofolio

Berikut ini portofolio pendidikan dan karir H. Yayat Hidayat, S.E., M.M. yang sekarang menjadi orang nomor satu dari jajaran Partai Gerindra DPC Kab. Bandung.

Riwayat Pendidikan

  • SD Bojong Manggu 2 1974-1980.
  • SMP Negeri 1 Banjaran 1980-1983.
  • SMA Negeri 1 Baleendah 1983-1986.
  • S1 Fakultas Ekonomi Uninus 1986-1990.
  • S2 Magister Manajemen Universitas Satyagama 1997-1998.

Riwayat Pekerjaan 

  • Pegawai TU SMP Handayani 2 Pameungpeuk.
  • Guru SMP 2 Handayani Pameungpeuk.
  • Pembina OSIS SMP Handayani 2 Pameungpeuk.
  • Pembina Kesiswaan SMP Handayani 2 Pameungpeuk.
  • Wakil Kepala Sekolah SMP 2 Handayani Pameungpeuk.
  • Kepala Sekolah SMP 2 Handayani.
Baca Juga :  Prakiraan BMKG, Bandung Hari ini Diguyur Hujan Ringan

Riwayat Organisasi 

  • Ketua Panjat Tebing Kab. Bandung.
  • Pengurus KONI Kab. Bandung.
  • Ketua Radio Antar Penduduk. Indonesia (RAPI) Kab. Bandung.
  • Ketua Harian IKANAS Kab. Bandung.

Di lingkungan terdekatnya, Yayat dikenal akan sikapnya yang rendah hati serta tinggi rasa sosial terhadap orang yang berada dilingkungan sekitarnya dan masyarakat umum. Yayat juga dikenal humble, sehingga mudah bergaul serta selalu merangkul siapapun tanpa pandang bulu.

@gustav viktorizal

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DARI PONPES KE PONPES | Bertemu Kiai Musthofa Aqil Pimpinan Pesantren Ciwedus Kuningan

Sab Mar 25 , 2023
Silahkan bagikan Selama bulan Ramadan 1444 H ini, InsyaAllah akan hadir tulisan-tulisan dari Bambang Melga Suprayogi, M.Sn., yang mengunjungi beberapa pondok pesantren di Jawa Barat. Tulisan mengupas profil pesantren dan kiai sepuhnya, proses pendidikan dan amaliah yang biasa mereka jalankan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Oleh […]