SOSOK | Profil Saeful Bachri, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung

Editor Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung Saeful Bachri, S.H., M.Ap. /visi.news/ist
Silahkan bagikan
  • Ditangan Saeful Bahri, Partai Demokrat Kabupaten Bandung seperti sedang on fire. Hampir tiap hari kesibukkan nampak di kantor partai yang berada di Komplek Graha Wirakarya, Ciparay. Ia menjadi figur pemersatu yang menjadikan partai ini makin solid. 

VISI.NEWS | CIPARAY – Perjalanan Saeful Bachri ke dunia politik diawali kiprahnya di dunia kepramukaan. Interaksi dengan senior-seniornya di Pramuka mendorongnya terjun ke dunia yang penuh godaan tersebut.

“Awalnya tidak terpikiran terjun ke dunia politik, karena merasa sangat bertentangan dengan dunia kepramukaan. Di Pramuka kan kita tahu sangat mengedepankan kejujuran, kesantunan, tanggung jawab, disiplin dan kebersahajaan,” ujarnya dalam obrolan santai melalui program baru VISI.NEWS, – ‘Ngador’ – Ngawangkong Door to Door, di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung, Kamis (4/5/2023) petang.

Namun, kata pria yang biasa disapa Kang Epul ini, setelah ia di Pramuka banyak berinteraksi dengan figur Dede Yusuf Macan Efendi, sedikit-sedikit pandangannya ke dunia politik itu lebih positif. “Sebagai politisi, yang pernah duduk di pemerintahan dan berulangkali jadi anggota dewan di Senayan, saya melihat sebagai politisi Kang Dede Yusuf ini figur yang baik, figur teladan. Ia figur yang jujur, amanah, bersih, dan tidak pernah menyalahgunakan jabatannya, sehingga sampai saat ini baik-baik saja. Ia dekat dengan masyarakat. Hampir tiap haru Sabtu-Minggu ia berinteraksi dengan masyarakat di dapilnya. Sehingga kalau ada RDP (Rapat Dengar Pendapat) di komisinya, ia bicara dengan fakta dan data,” ungkapnya.

Awal kekaguman ini, kata Kang Epul, ternyata bukan hanya dirinya tapi banyak juga warga masyarakat. Kelompok penggemar Dede Yusuf ini, kemudian diwadahi di Rumah Rancage. “Jadi, Rancage yang kita rintis itu awalnya tidak ada kaitannya dengan kader partai. Mereka masyarakat biasa yang kemudian banyak yang jadi tokoh-tokoh di daerahnya setelah tiba-tiba dikunjungi oleh Kang Dede Yusuf. Termasuk Kang Dede Yusuf sangat mendorong saya untuk terjun ke politik,” ujar Saeful.

Baca Juga :  Aset Wajib Pajak Bandel Disita KPP Pratama, Begini Alasannya

Selain Dede Yusuf, figur teladan lainnya yang mendorong “Anak Baik” ini interaksinya dengan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Ijudin (Alm). Dimatanya, ia figur teladan dalam memberikan kemudahan pelayanan, tanggung jawab, disiplin, dan hidup sederhana. “Almarhum Pak Ijudin itu tidak pernah ribet kalau ada yang harus ditandatangan. Ia bisa melakukannya di atas kap mobil di jalan, atau dimana saja. Sebagai pejabat, almarhum juga hidup sederhana, kemana-mana sering nyetir sendiri, pejabat yang bersih, teladan bagi saya sih,” ujarnya.

Politik yang Bermartabat

Saeful mengungkap, melihat figur-figur tersebut, ia sangat berkeyakinan politik bisa dijalani dengan lebih bermartabat. “Apalagi contoh yang diberikan Kang Dede Yusuf itu sangat menginspirasi saya untuk berpolitik secara bermartabat. Kang Dede Yusuf kalau ada bantuan tidak pernah ada istilah dipotong untuk ini itu,” ungkapnya.

“Pernah denger Partai Demokrat ada serangan pajar? Itu cara berpolitik yang tidak disukai oleh Kang Dede Yusuf, karena kita melakukan pembinaan kepada masyarakat di dapil secara terus menerus, tidak saat butuh suara saja,” imbuhnya.

Maka, kata Saeful, tradisi malam menjelang pencoblosan, para caleg atau kader Partai Demokrat tidak ada yang berkeliaran di dapil, paling mereka berdoa saja.

Dengan cara berpolitik yang baik seperti ini, Saeful mengatakan, simpati dan dukungan terhadap Partai Demokrat sekarang ini luar biasa. Salah satunya, ia mampu membuat “kekuatan” struktur partai sampai tingkat ranting dan anak ranting.

Berbeda dengan partai lain, kata Saeful, untuk Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Ranting se Kabupaten Bandung sekarang ini sebanyak 2.000 orang dimana tiap PAC diisi 20 orang dan tiap Ranting diisi 5 orang pengurus. Terobosan ini ia lakukan karena besarnya antusiasme masyarakat untuk bergabung dengan partai berlambang mercy ini.

Baca Juga :  Gegerkan Warga, Suyatno Pulang Kampung Bawa Pesawat Buatan Sendiri

“Demikian juga yang daftar sebagai Bacaleg (Bakal calon anggota legislatif) itu mencapai 70 orang. Mereka orang-orang yang sangat potensial dari unsur pengusaha, pendidik, pemuda, perempuan dll. Saya ingin seobyektif mungkin dalam penilaian dan perangkingannya. Maka, saya libatkan dari Pascasarjana Unpad untuk menyeleksi para Bacaleg ini agar benar-benar obyektif dalam penilaiannya,” ungkapnya.

Target Kursi DPR

Ditanya target raihan kursi di parlemen, Caleg DPRD Jawa Barat ini mengingatkan bahwa Partai Dwmokrat Kabupaten Bandung itu pernah meraih 13 kursi dan menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Bandung. “Jadi, kalau sekarang kami mematok 14 kursi, sangat beralasan juga dan tidak muluk-muluk. Tapi, tentunya bagaimana makro politik di pusat. Kalau Pak Anies fix berpasangan dengan Pak AHY, target itu optimis bisa tercapai. Tapi kalau tidak, semoga tidak jauh dari 10 kursi,” ujarnya.

Sedangkan untuk pusat, katanya, selain Dede Yusuf masih memungkinkan satu kursi lagi, jadi bisa dua kursi. Untuk Provinsi Jawa Barat juga seharusnya masih bisa kursi. Hitungannya, imbuh Saeful, suara Dede Yusuf untuk Pilgub Jabar tahun 2013 di Kabupaten Bandung itu mencapai lebih dari 700 ribu, sedangkan pada Pileg 2019 suara Dede Yusuf hanya terakhir 163 ribu. “Artinya, masih besar potensi suara pendukung Dede Yusuf yang seharusnya bisa kita raih. Maka, Mudah-mudahan Pileg nanti, bisa kita raih,” ujarnya.

Bagaimana dengan Pilkada 2024?

“Sesuai dengan arahan dari pusat, kita fokus dulu untuk Pileg. Kita maksimalkan dulu Pileg. Toh nanti setelah pencoblosan Pebruari 2024, masih ada waktu empat bulan untuk memikirkan masalah Pilkada yang pendaftarannya mulai Juni 2024,” pungkasnya.@mpa/asa

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : Saeful Bachri, S.H., M.Ap.

Baca Juga :  Misi Pertama Beranggotakan Semua Warga Sipil untuk Terbang Mengelilingi Bulan Naik StarShip SpaceX

TTL     : Bandung, 12 Juni 1973

Jenis Kelamin : Laki – Laki

Agama : Islam

Alamat : Griya Prima Asri (GPA), Baleendah, Kabupaten Bandung 40375

Alamat e-Mail : kakeful1973@gmail.com

Pekerjaan : Wiraswasta

Riwayat Pendidikan 

  • SD LEUWI BANDUNG Lulus 1985
  • SMPN 1 BALEENDAH Lulus 1989
  • SMAN 1 BALEENDAH Lulus 1991
  • S1 STH BANDUNG Lulus 2000
  • S2 FISIP UNPAD Lulus 2014
    Kursus/Diklat yang pernah diikuti :
  • Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) Pramuka Tingkat Jawa Barat Tahun 1995
  • Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) Tingkat Jawa Barat Tahun 1996
  • Kursus Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML) Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2002
  • Kursus Pelatih Pembina Tingkat Dasar (KPD) Tingkat Nasional Tahun 2015

Riwayat Pekerjaan / Jabatan 

  • Ketua Yayasan Cahaya Insan Islami Baleendah
  • Ketua Klub Basket Patriot Beezer
  • Dirut CV. Dharma Utama Sejahtera
  • Tenaga Ahli Anggota DPR RI A-539
  • Tanda Penghargaan yang di dapat :
  • Lencana Pancawarsa III dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat
  • Lencana Karya Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
  • Lencana Dharma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Riwayat Organisasi

  • Ketua DKC Pramuka Kabupaten Bandung Tahun 1995 – 1998
  • Sekretaris Pusat Penelitian (Puslit) Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung Tahun 1998 – 2001
  • Sekretaris Kwarcab Pramuka Kabupaten bandung tahun 2001 – 2006 dan 2006 – 2012
  • Sekretaris Kwarda Pramuka Jawa Barat Tahun 2010 – 2015 dan 2015 – 2020
  • Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) 2020-2024
  • Ketua Dewan Pembina Bintang Muda Indonesia (BMI) 2021-2026
  • Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung 2022-2027

Bahasa Asing yang di kuasai 

  • Bahasa Inggris

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari ini, Kementrian Arab Saudi Keluarkan Izin Haji Jemaah Dalam Negeri

Jum Mei 5 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | RIYADH — Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mulai menerbitkan izin haji pada hari ini, Jumat (5/5/2023), kepada jamaah domestik yang telah menyelesaikan pembayaran biaya paket yang telah mereka pesan dengan perusahaan penyedia layanan ziarah. Kementerian mengatakan pendaftaran izin haji akan dibuka hingga tanggal 7 Dhu Al-Hijjah, […]