SOSOK | Ridwan Kamil, Inspirator Milenial dan Pemimpin Humble

Editor Sosok Ridwan kamil./visi.news/pinterest
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Ridwan Kamil, yang kini dikenal luas sebagai Gubernur Jawa Barat, memulai perjalanan karirnya yang mengesankan sebagai Wali Kota Bandung. Dengan latar belakang akademisi dan prestasi yang membanggakan, ia telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak generasi muda di Indonesia.

Sebagai pemimpin dengan gaya milenial, Ridwan Kamil menonjol dengan pendekatan yang humble dan humoris, memenangkan hati banyak pengguna media sosial. Namun, siapakah sebenarnya Mochamad Ridwan Kamil ini?

Lahir di Bandung pada 4 Oktober 1971, Ridwan Kamil adalah anak kedua dari lima bersaudara. Ayahnya, Dr. Atje Misbach Muhjiddin, S.H., adalah seorang doktor dan dosen di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, sementara ibunya adalah Tjutju Sukaesih. Keluarganya memiliki akar yang kuat dalam pendidikan agama, dengan ayahnya yang merupakan keturunan dari kyai Muhyidin.

Ridwan Kamil menikahi Atalia Praratya pada 7 Desember 1996 dan dikaruniai dua anak: Emmeril Kahn Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra. Keluarga ini juga mengasuh Arkana Aidan Misbach sejak Juli 2020.

Tragedi menimpa keluarga ini ketika putra sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz, hilang saat berenang di sungai Aare di Swiss pada 26 Mei 2022. Pencarian Eril menjadi prioritas utama pemerintah Swiss dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Dalam proses pencarian tersebut, Ridwan Kamil berkonsultasi dengan ulama termasuk Adi Hidayat, yang menyarankan pembacaan surah Al-Fatihah dan Al-An’am ayat ke-59 sebagai ikhtiar spiritual. Sayangnya, Eril ditemukan telah meninggal dunia pada 8 Juni 2022.

Sebagai penghormatan terakhir untuk Eril, Ridwan Kamil menginisiasi penggalangan dana untuk membangun masjid dengan target sekitar Rp44 miliar.

Biodata Singkat:

– Nama lengkap: Mochamad Ridwan Kamil –
– Tanggal lahir: 4 Oktober 1971
– Tempat lahir: Bandung, Jawa Barat
– Agama: Islam
– Anak: Camillia Laetitia Azzahra, Emmeril Kahn Mumtadz
– Pasangan: Atalia Praratya
– Partai: Partai Golongan Karya
– Jabatan sebelumnya: Gubernur Jawa Barat (2018–2023), Wali Kota Bandung (2013–2018)
– Pendidikan: Universitas California, Berkeley (1999–2001), Institut Teknologi Bandung (1990–1995)
– Saudara kandung: Ifa Hanifah Misbach, Erwin Muniruzaman
– Instagram: @ridwankamil

Baca Juga :  Hujan Lebat Diprakirakan Meliputi Sebagian Wilayah Indonesia

Ridwan Kamil menyelesaikan pendidikan dasarnya di SDN Banjarsari III Bandung dan melanjutkan ke SMP Negeri 2 Bandung serta SMA Negeri 3 Bandung. Setelah itu, ia meraih gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung dan Master of Urban Design dari Universitas California, Berkeley.

Perjalanan karir Ridwan Kamil penuh dengan dedikasi dan kerja keras. Dari arsitek menjadi pemimpin publik, ia terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan menjadi contoh bagi pemimpin masa depan.
@maulana

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Proses Seleksi CPNS 2024: Tahapan dan Persyaratan untuk Calon Pelayan Publik

Rab Jun 19 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pengumuman Formasi CPNS 2024 Beberapa kementerian dan lembaga di pemerintah pusat telah mengumumkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk tahun 2024. Kesempatan bagi Lulusan SMA Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa lulusan SMA juga diberi kesempatan untuk mendaftar dalam […]