Sumedang Usulkan Tiga Desa Baru ke Gubernur

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SUMEDANG – Rencana pemekaran desa di Kabupaten Sumedang saat ini sudah masuk ke tahap Desa persiapan, bahkan Pemkab Sumedang telah mengusulkan tiga desa persiapan ke Gubernur Jawa Barat.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Dadang Rustandi mengatakan tiga desa persiapan yang telah diusulkan tersebut adalah Desa Galuh Pakuan pemekaran Desa Cimanggung, Desa Pananjung sebagai pemekaran Desa Cinanjung dan Desa Pasir Padang sebagai pemekaran Desa Sarimekar.

“Setelah diusulkan ke gubernur, nanti ada peninjauan lapangan dan sejauh ini dari tiga desa yang telah kami usulkan baru satu desa yang telah ditinjau tim dari Provinsi yaitu Desa Galuh Pakuan,” jelas Dadang Rabu, (07/02/2024).

Menurut Dadang, dalam peninjauan lapangan yang telah dilakukan terdapat banyak aspek yang dinilai termasuk lokasi yang akan dijadikan kantor desa persiapan.

Kemudian lanjut Dadang, pasca dilakukan peninjauan lapangan, maka tim akan mengkaji apakah yang diusulkan tersebut memenuhi syarat atau tidak. Bila memenuhi syarat Pemprov Jabar akan mengeluarkan kode register desa persiapan.

Ketika kode register telah keluar maka tahap selanjutnya bupati Sumedang akan mengangkat penjabat kepala desa persiapan yang tugasnya antaralain mengangkat perangkat desa sementara, menyiapkan sarana prasarana dan menegaskan terkait batas desa.

“Tugas penjabat kepala desa persiapan ini paling singkat 1 tahun dan paling lama 6 tahun dan setiap 6 bulan akan dievaluasi oleh tim dari Kabupaten,” tambah Dadang.

Dijelaskan Dadang, apabila dalam waktu satu tahun desa persiapan Galuh Pakuan sudah memenuhi syarat menjadi desa definitive, tim dari Kabupaten Sumedang akan menyusun dan menyiapkan naskah akademik termasuk Raperda Pembentukan Desa Galuh Pakuan.

Baca Juga :  Serahkan Zakat Fitrah 230 Ton, Habib Luthfi: Indonesia Harus Kuat

Naskah akademik dan raperda ini nantinya disampaikan ke gubernur dan Menteri Dalam Negeri untuk selanjutnya tim dari Kemendagri akan melakukan kajian terhadap naskah akademik dan Raperda tersebut.

Ketika hasil kajian dari Tim Kemendagri dinyatakan telah memenuhi syarat maka akan turun kode desa Galuh Pakuan dan selanjutnya Raperda akan disampaikan ke DPRD Kabupaten Sumedang untuk dibahas bersama dan ditetapkan desa definitif. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasto Sebut Ada Operasi Khusus Untuk Tekan Sejumlah Kepala Daerah

Jum Feb 9 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BLITAR – Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menuding ada operasi khusus yang menyandera Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali. Sehingga pria yang akrab disapa Gus Muhdlor itu memilih untuk mendukung Paslon 02 yakni Prabowo-Gibran. Tudingan itu dilontarkan Hasto usai menemani Megawati Soekarnoputri berziarah di Makam Bung Karno Blitar. […]